Memanaskan mobil di pagi hari menjadi rutinitas yang dilakukan oleh banyak pemilik mobil. Saat menyalakan mesin di waktu pagi biasanya terlihat ada tetesan air dari dalam knalpot.

Bahkan tetesan air dari knalpot ini kadang menetes terlalu sering sehingga membuat pemilik mobil khawatir jika ada kerusakan pada komponen mobil.

Penyebab Air Keluar dari Knalpot

Air tersebut disebabkan karena adanya perbedaan suhu saat mesin mobil dinyalakan. Sehingga, membuat terjadinya kondensasi atau perubahan wujud benda yang keluar dari knalpot.

Kondensasi di temperatur rendah sebagai fenomena alamiah. Kondisi ini juga masih ada hubungannya dengan keluarnya asap tipis dari knalpot.

Keluarnya air dari knalpot di pagi hari justru menjadi tanda bahwa mobil dalam kondisi sehat atau tidak ada permasalahan pada komponennya. Mengingat, saat mobil didiamkan pada malam hari suhu udara juga berubah menjadi lebih dingin.

Kemudian, saat mesin mobil dinyalakan di pagi hari embun tersebut terdorong keluar sehingga muncullah tetesan air dari knalpot.

Selama bukan asap hitam atau kecoklatan yang keluar dari knalpot, itu bukan hal yang dipermasalahkan, karena jika hitam/coklat yang keluar dari knalpot maka bisa dipastikan ada permasalahan pada mesin mobil.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.