Dikenal dengan usia pakai yang lama, piringan cakram menjadi spare part yang harus segera diatasi bila terasa bersamalah karena fungsinya yang berkaitan dengan komponen rem tersebut.

Urusan pengereman memang paling utama dalam berkendara. Pasalnya jelas menjadi salah satu penentu dalam faktor keselamatan dan keamanan.

Tidak bisa dipungkiri, seiring waktu, ketebalan cakram jelas akan berkurang karena kerap tergeseknya kampas rem mobil pada cakram, guna mereduksi kecepatan. Kalau memang cakram sudah tipis, itu perlu diganti baru.

Namun yang terjadi tidak selalu begitu. cakram yang masih tebal dan terbilang aman digunakan, ternyata sudah bergelombang akibat penggunaan yang cukup sering. Cirinya saat rem mobil yang diinjak, pedal akan terasa bergetar hingga ke bagian kaki.

Di pasaran, harga piringan cakram dari ratusan ribu sampai sejutaan ke atas. Dengan budget ketat, part cakram ini kadang dilewatkan dulu untuk sementara.

Mengingat harga piringan cakram yang tidak bisa dibilang murah, ada solusi yang cukup ramah di kantong, namun aman untuk digunakan dalam berkendara. Yaitu cakram dibubut permukaannya hingga rata kembali, sehingga tidak bergetar saat rem mobil diinjak.

Periksa bagian cakram rem mobil apakah ketebalannya masih berada di pada level ketebalan yang aman atau tidak. Bila ya, cakram dapat diperbaiki dengan cara pembubutan. Bila cakram sudah terlampau tipis, lebih baik lakukan penggantian.

Tujuan di bubut nya cakram adalah agar piringan cakram kembali rata, sehingga kampas rem dapat termakan secara rata dan tidak bergolmbang, dan menjadi tak bergetar saat di injak pedal rem saat dilakukan pengereman.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.