Terkadang menjual mobil bekas gampang-gampang susah, meskipun kondisi mobil yang dijual memenuhi klasifikasi terpenuhi, namun semua kembali lagi kepada rezeki nya masing-masing. Pertanyaan kemudian muncul, klasifikasi terpenuhi seperti apa yang dapat mempermudah perpindahan tangan mobil tersebut yang akan dijual.

Dari awal pembelian kendaraan hendaknya pemilik mobil tidak melupakan perawatan baik yang bersifat teknis maupun non teknis. Misalnya, tidak menunda waktu atau jadwal keharusan pergantian minyak pelumas mesin dan sejenisnya. Sementara, kebersihan bodi dan kabin mobil menjadi hal yang dapat dikerjakan sendiri di rumah jika memiliki banyak waktu.

Langsung kita bahas apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan agar 0 mobil Kamu tetap terjaga (klasifikasi terpenuhi)

  1. Taati Buku Pedoman Pemeliharaan Kendaraan

Karena melalui buku pedoman atau petunjuk tentang pemeliharaan dan perawatan kendaraan dapat menjamin usia pakai mobil Kamu. Artinya jika semua point yang tertulis di buku pedoman terpenuhi maka mobil dalam kondisi terjaga dan terawat.

Ini mencakup, pengecekan rutin segala kebutuhan cairan pada mobil, mulai dari air radiator atau air coolant yang berfungsi sebagai pendingin mesin, power steering yang berfungsi sebagai pelumas, dan cairan rem yang berfungsi sebagai sistem hidrolik saat proses pengereman.

  1. Ganti Oli Mesin Secara Berkala

Oli mesin merupakan elemen paling penting pada mobil yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antar komponen di dalam mesin. Namun, oli mesin yang bekerja keras secara terus menerus akan mengalami penurunan daya pakainya.

Sehingga mengharuskan untuk diganti dengan yang baru. Lakukan penggantian oli mesin setiap 5.000km sekali untuk merawat mobil Kamu agar performa mesin tetap optimal.

  1. Perhatikan Kondisi Aki

Aki adalah salah satu sumber kelistrikan sebuah kendaraan dan bisa dibilang aki merupakan komponen yang sangat vital kehadirannya. Bila terjadi kerusakan atau penurunan daya, akan menyebabkan kendaraan tidak bisa beroperasi secara normal.

Lakukanlah pengecekan dengan memastikan air aki selalu pada level yang seharusnya, yaitu di antara garis batas penanda. Jika mobil Kamu menggunakan air kering rawat lah terminal aki dengan membersihkan dari kotoran, jamur yang menempel, karena hal itu akan menghambat terganggunya proses aliran kelistrikan pada mobil.

Selain itu, pengecekan juga bisa dilakukan dengan melihat tegangan aki menggunakan voltmeter, namun bila Kamu tidak yakin untuk melakukan pengecekkan sendiri, sebaiknya selalu lakukan pengecekkan minimal sebulan sekali ke bengkel terdekat.

  1. Bersihkan Mobil untuk Menghindari Karat

Masih banyak pengendara mobil yang kurang peduli terhadap kebersihan ketika berkendara. Padahal sebenarnya mencuci mobil merupakan salah satu hal yang mudah dilakukan dalam merawat mobil agar tetap awet. Bila perlu jangan ragu untuk membongkar semua roda saat mobil di cuci agar makin terhindar dan karat dan kotoran melekat.

Cucilah mobil minimal seminggu sekali seterlah bepergian, apalagi dengan mobilitas yang tinggi, kendaraan kerap melewati jalanan yang banjir dan juga kotor. Cucilah hingga ke sudut-sudut sempit bagian mobil untuk menghindari terjadinya karat pada beberapa komponen mobil.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.