Kemacetan lalu lintas saat musim liburan Akhir Tahun Baru selalu terjadi di wilayah Puncak – Bogor, Lembang – Bandung dan di berbagai tempat lainnya. Alasannya sederhana, tempat-tempat tersebut selalu dijadikan sebagai tujuan libur akhir tahun oleh warga Jabodetabek.

Memang, suasana tempat-tempat tersebut sulit ditandingi. Tapi apakah Kamu mau selalu bermacet-macetan saat liburan akhir tahun?

Nah, kali ini MobilKu mau mencoba memberi rekomendasi wisata buat Kamu Sahabat MobilKu yang akan menghabiskan liburan akhir tahun di tempat lainnya. Suasanya yang bisa Kamu dapatkan di tempat-tempat ini tidak kalah asik dengan Puncak dan lainnya.

  1. Ranca Upas, Bandung Selatan

Selain Lembang, ada banyak tempat wisata berhawa sejuk di Bandung. Salah satunya di wilayah Ciwidey, tepatnya di Ranca Upas. Kamu juga bisa berkemah di Ranca Upas ini.

Di sana juga ada tempat penangkaran rusa yang bisa Kamu kunjungi setiap saat. Bukan hanya melihat, Kamu juga berinteraksi langsung dengan mereka seperti memberi makan atau foto bareng.

  1. Gunung Galunggung, Tasikmalaya

Kalau bosan dengan suasana Bandung, Bogor, dan sekitarnya, Kamu bisa coba sesekali mampir ke Tasikmalaya. Di sana ada Gunung Galunggung, salah satu gunung yang cukup terkenal di Indonesia.

Spot wisata ini cocok buat Kamu yang ingin berbagi waktu dengan alam. Jangan khawatir untuk tersesat, jalur pendakian sudah dilengkapi dengan tangga. Kamu bisa melihat kawah yang indah di puncaknya.

  1. Kepulauan Seribu, Jakarta

Kalau mau agak repot sedikit, Kamu bisa liburan ke Pulau Seribu di Jakarta. Cukup menyebrang dengan perahu motor selama kurang lebih 1,5 jam, Kamu bisa menikmati keindahan wisata bahari di sebelah utara Jakarta.

Suasana di sana dijamin asik untuk refresing sejenak sebelum kembali rutinitas selepas libur akhir tahun.

  1. Waduk Jatiluhur, Purwakarta

Untuk sampai ke tempat ini, Kamu hanya membutuhkan waktu perjalanan selama 1,5 jam dari Jakarta. Selain bersantai di tepi danau dan memancing, Kamu bisa menyewa perahu untuk berkeliling melihat kehidupan di sekitar danau.

Kamu juga bisa menginap di villa yang ada di sekitar danau untuk menikmati pemandangan indah berupa matahari tenggelam di antara perbukitan.

  1. Pantai Jayanti, Cianjur

Cianjur juga punya pantai yang cantik, namanya Pantai Jayanti. Pantai yang relatif masih bersih itu berada di wilayah Kecamatan Cidaun. Letaknya sekitar 50 km dari pusat kota Cianjur.

Selain Pantai Jayanti, Kamu juga bisa menemukan banyak pantai di bagian selatan Cianjur. Supaya terhindar dari kemacetan di Puncak, Kamu bisa ambil jalur alternatif via Cibubur-Jonggol-Cianjur.

Itulah tadi 5 destinasi wisata alternatif untuk mengisi libur akhir tahunmu. Kalau Sahabat MobilKu punya rekomendasi tempat wisata lainnya yang asik dan mudah dijangkau, jangan ragu untuk bagikan ceritamu di kolomg komentar ya, Selamat Berlibur Sahabat MobilKu!