Sekarang ini tidak ada yang tidak butuh bepergian bukan? Yang namanya bepergian semua orang pasti membutuhkannya. Mungkin Kamu bisa bilang bahwa kamu adalah orang yang penyendiri.

Pasti Kamu pingin pergi kalau tujuannya ke luar negeri. Nah, bicara soal pergi ke luar negeri, yang harus Kamu pikirkan bukan hanya pesan tiket pesawat saja. Melainkan membuat paspor adalah suatu hal yang penting pula.

Nah, Kamu sudah tau belom gimana cara membuat paspor online? Bener atau tidak sih kalau syarat membuat paspor online itu susah? Ternyata enggak lho, sahabat mobilku. Cara membuat paspor online itu simple dan mudah banget.

Buat Kamu yang ingin pergi ke luar negeri tapi belum punya paspor, ada baiknya memang Kamu menyiapkan paspor dari sekarang, apalagi musim liburan akhir tahun sudah hampir tiba. Karena butuh tidak butuh suatu saat nanti paspor itu pasti akan berguna untukmu.

Cara membuat paspor online pun tidak serumit yang kamu bayangkan kok. Kalau Kamu masih bingung cara untuk membuat paspor online, berikut ini adalah beberapa cara membuat paspor online termudah yang wajib Kamu ketahui. Namun sebelumnya, pastikan semua syarat membuat paspor yang ditetapkan telah Kamu penuhi yahh, sahabat mobilku.

Cara Membuat Paspor Online Paling Mudah

  1. Dapatkan Antrean Paspor Online

Cara membuat paspor yang pertama tentu saja adalah mendapatkan antrean paspor online. Cara mendapatkan antrean paspor di masa kini tidak mengharuskan Kamu untuk mengantre lama di kantor imigrasi. Kamu tinggal meminta nomor antrean melalui layanan Whatsapp dari kantor imigrasi yang akan kamu tuju. Jika Kamu tidak tahu berapa nomor Whatsapp dari kantor imigrasi tersebut, Kamu bisa melakukan pencarian di internet.

Selain dengan cara menghubungi nomor layanan Whatsapp, Kamu juga bisa menggunakan aplikasi antrean paspor online. Dengan meminta nomor antrean pembuatan paspor secara online, Kamu akan tahu kapan Kamu harus datang ke kantor imigrasi. Ingat, kuota pembuatan paspor setiap harinya dibatasi sehingga Kamu harus memilih tanggal yang tepat untuk datang ke kantor imigrasi, misalnya seminggu setelah Kamu mendapat nomor antrean paspor.

  1. Siapkan Syarat Membuat Paspor

Sebelum datang ke kantor imigrasi, lengkapi dulu syarat untuk membuat paspor online yang dibutuhkan.

Ini cara bikin paspor online yang kedua. Pastikan Kamu sudah menyiapkan beberapa syarat pembuatan paspor online berikut ini sebelum datang ke kantor imigrasi:

Untuk Warga Negara Indonesia (WNI)

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih aktif
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Akta kelahiran atau surat baptis
  • Akta perkawinan atau buku nikah, ijazah
  • Surat keterangan domisili jika Kamu membuat paspor di luar wilayah domisili Kamu

Sedangkan untuk anak WNI yang berdomisili di Indonesia maka syarat pembuatan paspor online adalah:

  • KTP kedua orang tua yang masih berlaku
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Akta kelahiran atau surat baptis
  • Buku nikah orang tua atau akta perkawinan
  1. Datang ke Kantor Imigrasi

Setelah persyaratan siap, saatnya Kamu datang ke kantor imigrasi untuk mengurus paspor Kamu sesuai jadwal yang telah Kamu pilih via online. Di kantor imigrasi, Kamu harus mengisi formulir dan surat permohonan pembuatan paspor online. Jangan lupa juga Kamu harus membawa dokumen asli persyaratan pembuatan paspor pada poin ke 2, serta salinan fotokopinya ya sahabat mobilku. Untuk mengisi formulir, bawa alat tulis terutama bolpoin dengan tinta berwarna hitam.

Di Kantor Imigrasi, Kamu akan ditanya ingin membuat paspor biasa atau paspor elektronik. Paspor elektronik adalah paspor dengan data biometrik pemilik paspor, termasuk data biometrik wajah dan sidik jari untuk pemegang paspor.

Jangan lupa untuk meletakkan semua berkas Kamu di stopmap. Nantinya, setelah mengantre, Kamu akan dipanggil untuk untuk foto dan wawancara pembuat paspor. Biasanya, petugas akan bertanya apa tujuan Kamu membuat paspor. Setelah selesai, baru Kamu akan difoto untuk paspor Kamu.

Sebagai persiapan sebelum foto paspor, pastikan Kamu memakai baju yang rapi dan sopan. Sebisa mungkin hindari penggunaan kaos tanpa kerah atau pakaian tanpa lengan. Jangan memakai baju dengan garis leher yang terlalu rendah, terutama untuk perempuan. Kemeja yang sopan atau blazer akan sangat cocok untuk dipilih sebagai pakaian untuk digunakan saat mengambil foto paspor.

  1. Melakukan Pembayaran & Konfirmasi Pembayaran

Ada juga biaya administrasi untuk dibayarkan saat mengurus paspor. Kamu akan diberikan slip pembayaran untuk mentransfer biaya pembuatan paspor Kamu. Biaya pembuatan paspor berbeda antara paspor biasa dengan paspor elektronik.

Untuk paspor biasa, dengan membayar sebesar Rp. 355.000,- Kamu sudah bisa mendapatkan paspor untuk WNI dengan 48 halaman.

Namun untuk pembuatan paspor elektronik, Kamu perlu untuk membayar biaya sebesar Rp. 655.000,- untuk paspor 48 halaman. Cara membayarnya tidak dengan cash, melainkan harus melakukan transfer ke rekening yang ditunjuk oleh imigrasi.

  1. Cek Apakah Paspor Kamu Sudah Siap Diambil

Setelah proses pembuatan paspor selesai, paspor bisa Kamu ambil. Namun, Kamu juga harus mengecek apakah memang benar paspormu sudah selesai diproses dan sudah siap untuk diambil.

Kamu bisa melakukan pengecekkan terkait status paspor Kamu via Whatsapp. Kalau paspor Kamu sudah jadi, Kamu akan diberitahu untuk datang dan mengambil paspor Kamu. Yang penting, harus selalu mengecek ya!

  1. Ambil Paspor

Kalau status paspor Kamu sudah jadi dan sudah siap untuk diambil, sekarang saatnya Kamu ambil paspor Kamu, sahabat mobilku. Ambil nomor antrean pengambilan paspor di kantor imigrasi dan Kamu tinggal mengambil paspormu untuk dibawa pulang. Tidak membutuhkan waktu yang panjang kok.

Itulah tadi cara membuat paspor online yang paling mudah dan cepat. Setelah membaca langkah-langkah di atas, terbukti kalau syarat dan cara membuat paspor online itu ternyata sangatlah mudah.

Syaratnya pun juga tidak ribet. Yang terpenting, syarat pembuatan paspor online ini harus Kamu penuhi semua dan Kamu mengikuti prosedur yang berlaku.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.