Selain bisa menurunkan rasa percaya diri, memiliki gigi berwarna kuning bisa menjadi sebuah tanda, bahwa Kamu belum merawat gigi dengan baik. Maka dari itu,  mari kenali baik-baik kelima penyebab gigi kuning dan cara untuk menghindarinya hal ini.

  1. Makanan dan Minuman

Mengonsumsi makanan dan minuman seperti kopi, teh, minuman bersoda hingga anggur merah, bisa menjadi penyebab gigi kuning. Beberapa buah dan sayuran, seperti apel dan kentang, juga bisa meninggalkan noda pada gigi, sehingga perubahan pada warna gigi pun terjadi.

  1. Kebiasaan Merokok

Selain merusak paru-paru dan organ tubuh lainnya, kebiasaan merokok juga dapat meninggalkan bekas pada gigi Kamu. Tidak hanya merokok, mengonsumsi tembakau dengan cara lain, seperti mengunyahnya, juga bisa menjadi penyabab gigi kuning.

  1. Pengobatan dengan Antibiotik

Beberapa pengobatan antibiotik seperti tetrasiklin dan doksisiklin, dikenal sebagai penyebab gigi kuning, jika diberikan kepada anak berusia 8 tahun. Sebab pada usia ini, gigi anak masih dalam tahap perkembangan.

Selain itu, berkumur dengan obat yang mengandung chlorhexidine dan cetylpyridinium, juga bisa menyebabkan perubahan warna gigi

  1. Penuaan

Proses penuaan ternyata menyebabkan gigi berwarna kuning pula. Seiring bertambahnya usia. Lapisan paling luar dari enamel akan terkikis, dan akhirnya “menampakkan” warna asli dentin, yakni warna kuning.

  1. Kondisi Medis

Beberapa penyakit dapat berdampak buruk pada enamel (lapisan luar gigi) dan dentin (bahan yang mendasari di bawah enamel), sehingga menjadi penyebab gigi kuning.

Dentinogenesis imperfecta menjadi salah satu penyakit penyebab gigi kuning. Penyakit ini mengakibatkan perkembangan gigi tidak normal, dan merubah warna gigi.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.