Pinjaman mikro ternyata masih digunakan sebagai kedok untuk praktik rentenir. Salah satu yang sedang heboh adalah maraknya praktik bank emok di daerah wilayah Jawa Barat.

Bank emok sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya duduk lesehan. Praktik ini memberikan pinjaman kepada ibu-ibu rumah tangga pada umumnya dengan bunga yang mencekik.

“Banyak aduan di wilayah Karawang Bekasi ada bank emok, itu merupakan bank keliling. Awalnya bank emok rentenir berkedok koperasi dengan bunga yang tinggi hingga 20%” kata Anggota Komisi XI Puteri Komarudin saat rapat dengan OJK di Gedung DPR.

Puteri sendiri mengaku sudah melakukan penyelidikan di dapilnya selama 8 bulan terkait praktik bank emok itu. Ternyata banyak juga bank yang sudah mendapatkan izin dari OJK yang melakukan praktik tersebut.

BPR juga ternyata menjadi penyalur utama pinjaman mikro ini. Yang disayangkan adalah para perempuan menjadi target utama dari bank emok ini karena sanksi sosial.

Praktik bank emok ini sendiri memberikan persyaratan yang sangat mudah, mengingat target utamanya adalah para ibu-ibu rumah tangga. Menurut hasil penyelidikan syaratnya hanya KTP, KK, dan tanda tangan suami yang sering dipalsukan.

Bahkan karena hal tersebut ada yang sampai diceraikan. Puteri menambahkan, dalam praktiknya bank emok ini juga sedikit memaksa dalam menyalurkan kredit. Salah satu, skemanya dengan memberikan kredit per kelompok usaha.

Setiap kelompok harus punya 10 Anggota. Semuanya harus punya usah. Tapi ternyata hanya ada 5 orang yang memiliki usaha dan 5 orang lainnya dipaksa. Alhasil para ibu-ibu yang tidak memiliki usaha meminjam utang itu hanya untuk kebutuhan konsumtif. Sementara pembayarannya harus ditanggung secara bersama.

“Kalau ada yang tidak bisa bayar orang yang lain harus bayar. Ini akan membuat penurunan taraf hidup mereka. Karena para pengusaha itu harus menutup lubang dari teman-temannya.”

Menurutnya praktik ini sudah sangat menyebar diberbagai wilayah dengan julukan nama yang berbeda, yang mana hal ini semakin lama akan memberatkan perekonomian rakyat kecil dengan bunga hutang yang begitu besar.

Kamu butuh pinjaman? Jangan risau, MobilKu bisa membantu Kamu untuk mewujudkannya. Cukup dengan jaminan BPKB Mobil, Kamu bisa mendapatkan dana multiguna dengan bunga rendah 0,9%.

Keunggulan MobilKu adalah Prosesnya Cepat, Syarat Mudah, dan Bunga Ringan. Tenor bisa Kamu pilih dari 12, 18, 24, 36, 48 Bulan. Semuanya bisa Kamu atur buat modal usahamu. Tunggu apalagi? Segera Ajukan Pembiayaannya di website MobilKu.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.