Fintech lending ilegal saat ini masih berkeliaran, meskipun Satgas Waspada Investasi sudah memblokir ribuan aplikasi. Hal ini karena masih banyaknya masyarakat yang terpaksa menggunakan layanan ini.

Dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) fintech lending yang terdaftar mencapai 127 entitas. Ini artinya masyarakat harus benar-benar jeli saat mengenali status fintech tersebut. Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L. Tobing meminta kepada masyarakat agar tak terjebak layanan fintech-fintech ilegal.

Menurut dia, sekali terjebak di fintech ilegal maka akan sulit untuk menyelesaikan. Dia menyebut ada beberapa tips agar tak terjerat utang fintech ilegal.

Pertama, kalau mau pinjam itu harus lihat terdaftar atau berizin OJK atau tidak. Bisa memeriksa website ojk.go.id, telepon ke 157 untuk memastikan hal tersebut.

Dia mengungkapkan, jangan pernah menarik utang untuk pinjaman yang tidak produktif. Misalnya untuk belanja yang tidak diperlukan.

Tongam menyebutkan, masyarakat jangan sampai berlebihan dan seenaknya meminjam uang tanpa memperhatikan kemampuan untuk membayar. Dia menambahkan untuk meminta masyarakat memperhitungkan kemampuannya saat melakukan peminjaman uang.

Dihimbau agar masyarakat meminjam sesuai dengan kemampuan membayarnya. Jangan karena saking bebasnya layanan pinjol ini tidak akan memperhatikan kemampuan

Kanit Tipideksus Bareskrim Polri. Kompol Setyo Bimo Anggoro mengungkapkan masyarakat harus dewasa dalam memanfaatkan teknologi terutama di sektor keuangan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi peradaran dan korban fintech lending yang ilegal.

Bila Kamu sedang menjadi nasabah fintech ilegal alias abal-abal, sebaiknya segera lunasi seluruh utang tersebut. Kamu bingung mencari solusi pelunasan tersebut? Jangan khawatir. Ini sebagian tips untuk melunasi utang online secara efektif. Simak ulasannya berikut ini.

  1. Manfaatkan Pinjaman Berbunga Lunak

Cara pertama yang dapat Kamu lakukan adalah melunasi utang online dengan pinjaman berbunga lunak. Kamu dapat pergi ke bank atau ke koperasi untuk mengajukan pinjaman tersebut.

Sebelumnya Kamu wajib membandingkan besaran bunga beberapa bank atau koperasi untuk mendapatkan buanga terendah. Kemudian, pilih tenor pembayaran lebih dari satu tahun.

  1. Manfaatkan Pinjaman Tanpa Bunga

Cara kedua, Kamu dapat memanfaatkan pinjaman tanpa bunga untuk melunasi hutang online. Di mana Kamu bisa mendapatkannya? Jawabannya, di tempat Kamu bekerja. Umumnya, manajemen kantor memberikan fasilitas pinjaman tanpa bunga untuk setiap karyawan.

Selain itu, Kamu dapat meminta pihak manajemen untuk memberikan tenor lebih dari satu tahun. Dengan begitu, keuangan Kamu tetap terjaga. Bila merasa tidak nyaman. Kamu dapat meminjam dana ke kerabat. Namun, Kamu wajib untuk tetap mengembalikannya.

  1. Menjual Barang Berharga

Cara terakhir yang dapat Kamu lakukan adalah dengan menjual aset berharga yang dimiliki, cara ini jadi langkah terbaik untuk Kamu dilakukan. Karena, Kamu tidak perlu membayar cicilan dikemudian hari.

Perlu diingat, setelah pinjaman online terlunasi Kamu wajib menutup semua akun aplikasi pinjaman online. Kamu dapat menghapus aplikasi pinjaman online di ponsel agar tidak ingin lagi menggunakannya.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.