Setiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda saat mendengar kata liburan. Apapun persepsinya, kata liburan selalu identik dengan perasaan senang, semangat, dan bahagia. Bukan rahasia lagi bila liburan bagus untuk kesehatan fisikmu. Apakah liburan juga berdampak baik untuk kesehatan mentalmu?

Dikutip dari Forbes, majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat, berikut lima alasan mengapa liburan bagus untuk kesehatan mentalmu.

  1. Penghilang Stress yang Baik

Liburan selalu identik sebagai sarana penghilang stress. Pernyataan ini didukung oleh Dr. Tamara McClintock Greenberg, psikologi klinis yang berbasis di San Fransisco dan penulis Psychodynamic Perspectives on Aging and Ilness.

Menurutnya, tekanan dalam pekerjaan dan tuntutan sehari-hari dapat mengalihkan kita dari apa yang kita anggap benar-benar bermakna dan menarik. Jadi, istirahat dari keramaian dan hiruk pikuk sehari-hari sangat penting bagi pikiranmu untuk rileks, dan mengembalikan mood-mu.

Cara apa yang paling baik untuk menerapkan hal ini, selain mengemas tas dan melintasi tujuan yang menjadi impianmu. Liburan membuatmu akan menjadi lebih bahagia dan membantu mengalihkan pikiran dari situasi yang membuat Kamu stress.

Ini yang menyebabkan kadar kortisol lebih rendah, membuat Kamu merasa lebih tenang dan puas. “ini juga membantu kita merefleksikan tujuan dan minat dari pribadi kita” kata Greenberg.

Dikutip dari Forbes, sebuah studi tahun 2013 menyatakan, lebih dari 80% orang Amerika, yang disurvei, melihat penurunan stress yang signifikan hanyak setelah satu atau dua hari bepergian liburan.

  1. Membantu Menemukan Kembali Dirimu

Wisata ke luar negeri maupun dalam negeri, dapat membantumu mengevaluasi kembali dan menemukan kembali kehidupanmu. Liburan bisa memperluas pemikiran lebih dari yang Kamu perkirakan.

Selain itu, pelajaran berharga yang dapat Kamu pelajari sepanjang jalan memperluas perspektifmu dan membuatmu lebih sadar dan terbuka pada hal-hal yang baru. Menjelajahi tempat-tempat baru juga dapat memberimu awal baru jika Kamu baru saja pulih dari transisi besar dalam hidupmu.

  1. Meningkatkan Kebahagiaan dan Kepuasan

Bepergian memberimu kesempatan untuk menjauh dari kesibukan sehari-hari. Peristiwa dan pengalaman baru membantumu memperbaiki otak, meningkatkan mood dan kepercayaan diri.

“Saya pikir orang-orang, tidak semestinya terikat pada satu tempat saja sepanjang hidup mereka. Saya terutama merasa “terperangkap” ketika saya harus tinggal di tempat yang sama untuk waktu yang terlalu lama, tanpa bisa benar-benar bergerak dan menjelajah,” kata salah satu pendiri The Passport Memorandum, Marta Estevez.

Menurut sebuah studi dari Universitas Cornell, antisipasi perjalanan dapat meningkatkan kebahagiaanmu secara substansial, bahkan lebih dari rasa bahagia saat mendapatkan sesuatu yang nyata, seperti mobil baru.

  1. Membuatmu Tangguh Secara Mental

Pergi dan tinggal di suatu tempat di mana Kamu merasa bersemangat dan terintimidasi pada saat yang sama dapat membantumu menguatkan mental dan emosional.

Selain itu, menghadapi kesulitan di lingkungan yang tidak dikenal memaksa Kamu untuk belajar dan beradaptasi dengan kehidupan yang berada di luar zona nyaman. Ini membuat Kamu lebih fleksibel, sabar dan kuat secara emosional. Ini juga membantumu menghadapi masalah yang besar dalam hidup, dengan kesabaran dan akal yang sehat.

  1. Meningkatkan Kreativitas

Liburan juga meningkatkan kedalaman dan keterpaduan pemikiran yang disebabkan dorongan kreativitasmu. Meskipun, penting untuk dicatat bahwa bepergian merangsang kreativitas hanya ketika Kamu terlibat dengan budaya lokal tempat itu. Hanya mengunjungi kota baru atau negara tidak akan merangsang kreativitasmu.

Selain itu, perjalanan yang panjang juga meningkatkan produktivitas, keterampilan memecahkan masalah dan bahkan dapat meningkatkan peluangmu untuk dipromosikan di tempat kerja.

Butuh Pinjaman Liburan ? Jangan panik, MobilKu punya solusi nya. Agunkan BPKB Mobil Kamu maka Kamu akan mendapatkan Pembiayaan Multiguna plafond hingga 2 Miliar, Tenor bisa dipilih antara 1 sampai dengan 3 tahun, dengan Bunga Rendah 0,9% dan Biaya Provisi 0%, serta cepat, mudah, dan terpercaya.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.