Berbagai perusahaan mulai memberlakukan sistem bekerja di rumah (Work From Home/WFH) demi meminimalisir dampak dan penyebaran virus corona. Sistem ini sudah dijalankan mulai dari level kementerian sampai perusahaan berbasis teknologi terkemuka seperti Gojek dan Tokopedia.

WFH adalah kebijakan yang sudah sangat tepat untuk diambil dan diimplementasikan dalam situasi seperti sekarang ini. Kebijakan tersebut dinilai menjadi upaya bersama dan sebagai kontribusi perusahaan dalam rangka menekan kemungkinan risiko menularnya virus corona.

Sebelum terjadinya situasi seperti sekarang ini, WFH sebetulnya sudah merupakan bagian dari tren & outlook HR Practices yang tengah berlangsung saat ini. Ada 15 tren besar HR practices (praktik manajemen HR) yang saat ini sedang berlangsung sebagaimana hasil studi.

Di samping itu, WFH juga dinilai sebagai salah satu tren yang semakin mengarah menjadi theNew Normal” dalam praktik HR di era digital ini.

Bagi karyawan, WFH bisa menjadi solusi untuk mendapatkan Work-Life Balance, fleksibilitas tempat dan waktu bekerja, dan bahkan untuk meningkatkan produktivitas.

Sedangkan bagi perusahaan, WFH sudah banyak dipraktikkan karena mendukung terjadinya cara kerja secara kolaboratif untuk menghasilkan lebih banyak hal positif.

Antara lain co-creation antar unit, membangun budaya dan pola pikir dengan lebih cepat, dan juga mengembangkan kompetensi digital dengan memanfaatkan teknologi dan Collaboration Platform yang berkembang.

Di banyak perusahaan hal ini justru menjadi program strategis yang dikenal dengan program Transformasi Digital.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.