Pekerjaan yang seperti tidak habisnya, tekanan kerja, serta jenuh terhadap rutinitas pekerjaan yang itu-itu saja. Sering kali menjadi pemicu stres kamu ditempat kerja.

Tidak hanya itu masalah keluarga yang terkadang seringkali terbawa-bawa di tempat kerja juga menambah sederet daftar pemicu stres ditempat kerja. Dan bukan tidak mungkin, jika tidak ditangani dengan cepat tingkat stres kamu yang semakin besar akan berakibat fatal.

Dimulai dari menurunnya kinerja kerja kamu sampai hengkangnya kamu dari  dari perusahaan tempat kamu bekerja, akibat tekanan dalam pekerjaan yang membuat tingkat stres bertambah.

Sedangkan untuk kamu sendiri, banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi stres ditempat kerja. Apa saja itu? Simak tips mengatasi stres ditempat kerja berikut.

  1. Jangan Pernah Menunda Pekerjaan

Sering kali Kamu tidak sadar, bahwa dengan menunda pekerjaan justru menjadi pemicu Kamu stres ditempat kerja. Semakin sering Kamu menunda pekerjaan, akan semakin menumpuk pekerjaan Kamu nantinya.

Kerjakanlah pekerjaan Kamu dengan segera, buatlah daftar prioritas pekerjaan. Dengan begitu akan membantu Kamu bekerja secara efektif dan disiplin.

Pekerjaan yang lebih cepat selesai akan membuat otak dan hati Kamu lebih nyaman karena tidak harus terbebani dengan banyaknya pekerjaan yang belum terselesaikan.

  1. Buatlah Tempat Kerja Senyaman Mungkin

Kondisi tempat kerja yang tidak nyaman seperti tempat kerja yang berantakan, panas dan bau akan semakin menambah beban otak saat menyelesaikan suatu tugas/pekerjaan yang akhirnya menjadi salah satu pemicu tingkat stres yang tinggi di tempat kerja.

Oleh karena itu, aturlah tempat kerja agar Kamu tidak merasa cepat bosan dan stres.

  1. Memotivasi Diri

Salah satu cara untuk mengembalikan mood kamu saat bekerja setelah stres dengan banyaknya pekerjaan di kantor adalah dengan memotivasi diri sendiri. Caranya, ingatlah apa yang menjadi motivasi awal Kamu bekerja dulu.

Entah itu rencana masa depan seperti melanjutkan pendidikan, menabung untuk biaya pesta pernikahan ataupun rencana membangun sebuah usaha yang telah Kamu impikan sejak dulu. Ingatlah harapan-harapan indah kamu ketika stres di pekerjaan datang menghampiri.

  1. Gunakan Waktu Istirahat Dengan Efektif

Memanfaatkan sela-sela waktu istirahat salah satu cara mengurangi stres Kamu ditempat kerja. Saat istirahat tiba, sempatkan diri Kamu untuk keluar kantor mencari jajanan atau sekedar nongkrong di tempat makan bersama rekan kerja lain.

Selain membantu Kamu membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja lain, kegiatan ini juga dapat membuat Kamu sejenak melupakan rutinitas pekerjaan dan tekanan yang mungkin sedang Kamu hadapi.

  1. Mendengarkan Musik

Tahukah kamu salah satu ciri orang jenius adalah senang mendengarkan musik. Karena dengan mendengarkan musik selain Kamu akan menjadi lebih rileks, mendengarkan musik  juga dapat mengurangi tingkat stres kamu.

Sama seperti sayuran hijau yang dapat meningkatkan mood, musik juga mempunyai kemampuan sihir yang sama untuk mengembalikan mood kamu.

Seperti penelitian yang dilakukan Dr. Teresa Lesiuk mengenai pengaruh musik pada pekerjaan, ia menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik mampu memenuhi tugasnya lebih cepat dan memiliki ide-ide lebih baik.

Salah satu penyebabnya adalah karena musik meningkatkan mood. Jika sedang penat dengan pekerjaan, ambilah waktu sejenak, lalu dengarkan musik favoritmu.

Dengarkanlah selama 15 menit sampai 30 menit untuk meningkatkan konsentrasi kamu. Cobalah dengarkan Musik tanpa lirik, karena musik jenis ini adalah jenis yang paling ideal untuk menurunkan tingkat stres.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.