Tidak ada gading yang tak retak adalah peribahasa yang menunjukkan bahwa setiap orang bisa berbuat kesalahan. Baik itu dilingkungan keluarga, pertemanan atau pekerjaan.

Meski sesuatu yang wajar, berbuat kesalahan di tempat kerja bisa menjadi momok mengerikan bagi sebagian orang. Ada yang kemudian merasa down dan melakukan resain setelah melakukan kesalah di tempat kerja tersebut.

Lalu, apa yang harus Kamu lakukan jika melakukan kesalahan di tempat kerja? Yuk simak tips dari MobilKu.

  1. Berani Mengakui Kesalahan

Apabila suatu ketika ditemukan kesalahan yang jelas bahwa Kamu telah melakukan kesalahan, maka akui saja dengan kejujuran. Jangan menghindar dari kesalahan dan membantah kesalahan yang Kamu buat karena itu akan memperpanjang sebuah masalah

Berani mengakui kesalahan bukan berarti menunjukan Kamu lemah, melainkan sebagai tanda bahwa Kamu bisa bersikap bijak dan dewasa.

Akan lebih baik lagi jika Kamu juga menawarkan solusi terhadap kesalahan apa yang telah diperbuat.

  1. Jangan Menjaga Jarak

Saat kesalahanmu menimbulkan korban, biasanya Kamu akan cenderung menjauhi si korban, bukan? Entah karena malu, nggak enak atau bingung harus berbuat apa.

Seharusnya Kamu tidak menghindari orang orang tersebut, sebab itu justru akan memberikan kesan yang buruk. Sebaiknya Kamu langsung minta maaf pada orang yang terkena dampak buruk dari kesalahanmu itu.

Tanyakan pada mereka apa yang mesti Kamu lakukan untuk memperbaiki situasi seperti sedia kala. Jangan malah saling mendiamkan atau kucing kucingan dengan mereka karena akan menunjukkan bahwa Kamu tidak profesional dan terlalu bawa perasaan atau baper.

  1. Tetap Fokus

Memperbaiki kesalahan tak jarang memakan waktu dan mengubah sikapmu di tempat kerja. Akibatnya Kamu menjadi tidak fokus untuk mencapai target.

Selain perlu mengembalikan situasi pasca melakukan kesalahan, Kamu juga tetap harus fokus pada target kerja agar tidak larut dalam suasana.

Karena imbasnya pada penurunan prestasi dan evaluasi mingguan/bulanan. Jika prestasi atau kinerja Kamu menurun, maka Kamu tentu tahu apa dampak buruknya, bukan?

  1. Hindari Slow Respon Ketika Dimintai Pertanggungjawaban

Setelah melakukan kesalahan, otomatis Kamu akan menjadi incaran dari banyak pihak, terutama pihak pihak yang terkena dampaknya.

Jangan lantas panik dan menyembunyikan diri saat Kamu dimintai penjelasan apalagi pertanggungjawaban atas kesalahanmu. Sikap seperti itu dapat merusak citramu di tempat kerja.

Justru yang harus Kamu lakukan ialah show up dan bersikap berani untuk menjelaskan detail kesalahanmu serta siap untuk memperbaikinya. Sikap kuat dan pantang menyerah itulah yang menunjukkan kualitas dirimu di tempat kerja.

  1. Perbaiki Kesalahan dan Jangan Mudah Menyerah

Jangan takut saat melakukan kesalahan, beranilah untuk mengakui dan yakinlah bisa memperbaikinya. Dalam dunia kerja memang penuh lika-liku, namun bukan alasan untuk mudah menyerah.

Kemampuanmu dalam mencari solusi saat berbuat salah dapat membuatmu terus belajar dan lebih baik ke depannya.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.