Hujan yang melanda Jakarta selama dua hari sejak malam Tahun Baru 2020 menyebabkan banjir di berbagai titik di JABODETABEK.

Beberapa titik banjir sudah surut dan menyisakan genangan kecil serta sisa lumpur yang pekat dan licin. Meski banjir sudah mulai surut, namun ada kemungkinan curah hujan yang tinggi masih akan turun.

Kamu juga tetap harus waspada Sahabat MobilKu dengan berbagai penyakit yang disebabkan oleh banjir. Lembaga Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa banjir bisa berpotensi meningkatkan penyebaran penyakit.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

  1. Diare

Air yang kotor dan menggenang saat banjir membuat Kamu dan keluarga rawan terkena diare. Selain itu, makanan yang terkontaminasi bakteri, parasit, dan virus juga bisa menyebabkan diare.

  1. Leptospirosis

Merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteria Leptospira dan biasanya terdapat pada urine hewan seperti tikus dan sapi.

Kamu bisa terinfeksi leptospirosis apabila berada di air yang terkontaminasi dalam waktu lama atau melalui kontak dengan luka terbuka.

  1. Demam Tifoid

Demam tifoid yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi dapat mengontaminasi makanan atau minuman Kamu. Untuk menghindarinya pastikan makanan yang Kamu makan terjaga kebersihannya.

Hindari mengonsumsi makanan dari area yang tidak bersih dan berisiko terkontaminasi bakteri. Pastikan juga Kamu selalu mencuci tangan saat menyiapkan makanan dan sebelum makan.

  1. Demam Berdarah

Demam berdarah yang dibawa  oleh nyamuk Aedes Aegypti merupakan penyakit yang sering muncul di saat musim penghujan karena musim hujan dan air yang tergenang merupakan tempat perkembangbiakannya.

  1. Konjungtivitis

Konjungtivitis atau infeksi pada mata dapat disebabkan oleh bakteri. Saat musim banjir, Kamu rentan terkenan konjungtivitis karena kebiasaan menggosok mata dengan tangan atau handuk yang kotor.

Untuk menghindarinya selalu cuci tangan Kamu. Jika Sahabat MobilKu merasakan gatal di area mata, hindari mengucek atau menggosok mata Kamu.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.