Modal uang menjadi salah satu faktor utama yang harus disiapkan seseorang saat hendak memulai usaha baru. Sayangnya, hal tersebut jugalah yang kerap menjadi penghambat karena tidak semua orang memiliki budget yang cukup. Akhirnya, mereka pun memutuskan untuk mengajukan pinjaman.

Beragam produk pinjaman yang ditujukan bagi para pebisnis tentu memiliki keuntungan dan kelemahan masing-masing. Sebelum Kamu mendatangi instusi finansial untuk mengajukan pinjaman modal, sebaiknya pertimbangkan tips memilih pinjaman yang didasarkan pada beberapa hal berikut ini.

Jangka Waktu

Produk pinjaman umumnya dibedakan berdasarkan jangka waktu. Ada pinjaman jangka pendek yang diberikan kepada usaha dengan jangka waktu kurang dari setahun, pinjaman jangka menengah yang diberikan dengan jangka waktu 1-3 tahun, dan pinjaman jangka panjang yang periode pengembaliannya membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun.

Bila Kamu memiliki kebutuhan pinjaman yang cenderung tidak terlalu tinggi, sebaiknya Kamu mendaftar untuk pinjaman jangka pendek agar masa pengembaliannya pun lebih cepat.

Penggunaan

Pinjaman juga dibagi berdasarkan kegunaannya, yaitu konsumtif dan komersil. Pinjaman bisnis yang Kamu ajukan termasuk bersifat komersil, yakni pinjaman yang digunakan untuk membiayai suatu usaha. Pinjaman komersil masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis di antaranya adalah kredit makro, kredit usaha kecil, kredit usaha menengah, kredit koperasi, atau pembiayaan multiguna.

Di sisi lain, pinjaman konsumtif adalah pinjaman yang diberikan untuk membiayai pembelian yang bersifat konsumtif, seperti kendaraan atau keperluan pribadi. Sama seperti pinjaman komersil, pinjaman konsumtif juga terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yakni pinjaman kartu kredit, Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), kredit kendaraan, dan kredit multiguna berjaminan seperti mobilku.

Keperluan Usaha

Usaha yang Kamu dirikan pasti membutuhkan banyak keperluan, misalnya mesin, kantor, dan lain sebagainya. Kamu bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan mengajukan pinjaman yang didasarkan pada keperluan usaha, yaitu :

  • Kredit Modal Kerja, yang digunakan agar modal kerja perusahaan bisa bertambah
  • Kredit Investasi, terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu kredit jangka panjang dan kredit jangka menengah. Penentuannya keduanya tergantung dari pembelian barang-barang yang dikategorikan sebagai modal bagi usaha baru Kamu.
  • Kredit pembiayaan proyek, yang digunakan untuk mebiayai suatu proyek baru

Penarikan dan Pelunasan

Berdasarkan sifat penarikannya, pinjaman dapat dibedakan menjadi kredit langsung dan kredit tidak langsung. Kredit langsung adalah kredit yang diberikan oleh Bank Indonesia kepada lembaga pemerintah atau semi pemerintah.

Sementara itu, pinjaman bank dan pinjaman FinTech berdasarkan sifat pelunasan terbagi menjadi dua, yakni kredit yang dibayarkan sekaligus saat jatuh tempo dan kredit yang pelunasannya dilakukan dengan menerapkan sistem cicilan.

Metode Pembayaran

Selain itu, pinjaman juga dapat dikeluarkan berdasarkan metode pembiayaannya yang terbagi menjadi dua jenis. Pertama , ada kredit bilateral yang pembiayaannya hanya dilakukan oleh satu bank.

Kredit ini biasanya digunakan untuk pemilik bisnis kecil atau UKM yang baru mulai mengembangkan bisnis. Ini karena metode pembiayaan kredit bilateral tetap sama hingga pelunasan nanti.

Di sisi lain, ada kredit sindikasi, yaitu pinjaman atau kredit yang diberikan oleh dua atau lebih lembaga keuangan untuk mebiayai suatu proyek atau kegiatan usaha. Pinjaman ini umumnya ditujukan untuk perusahaan besar atau proyek yang membutuhkan dana berjumlah besar. Jumlah yang dibayarkan pun bisa berubah-ubah tergantung kondisi keuangan perusahaan.

Itulah beberapa hal yang harus Kamu pertimbangkan sebagai tips memilih pinjaman. Kenali usaha Kamu secara matang dan mendetail sebelum menjelaskannya pada pemberi pinjaman untuk mengajukan kredit. Jangan lupa untuk melakukan riset untuk mengetahui berbagai ketentuan yang diterapkan setiap pemberian pinjaman.

Kamu butuh dana untuk usaha? Jangan risau, di MobilKu bisa membantu Kamu untuk mewujudkannya. Cukup dengan jaminan BPKB Mobil, Kamu bisa mendapatkan dana multiguna dengan bunga rendah 0,9%.

Keunggulan MobilKu adalah Prosesnya Cepat, Syarat Mudah, dan Bunga Ringan. Tenor bisa Kamu pilih dari 12, 18, 24, 36, 48 Bulan. Semuanya bisa Kamu atur buat modal usahamu. Tunggu apalagi? Segera Ajukan Pembiayaannya di website MobilKu.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.