Dalam berkendara, kita sering disuguhkan istilah blind spot. Mungkin tak semua orang mengetahui apa maksud blind spot. Tapi sadar atau tidak, pengemudi pasti pernah mengalami dan merasakan keadaan blind spot.

Blind spot secara harafiah berarti “titik buta”. Maksudnya, blind spot adalah area yang tidak terlihat oleh pengemudi. Karena, pengemudi kendaraan bermotor tak memiliki area penglihatan yang luas. Ada pula titik yang tidak terlihat oleh pengemudi.

Menurut MobilKu, semua kendaraan memiliki blind spot. Tapi setiap tipe kendaraan memiliki titik buta yang berbeda-beda sesuai jenis kendaraan. Kendaraan besar seperti bus dan truk memiliki area titik buta lebih besar dibandingkan dengan mobil kecil.

Sering terjadi kasus kecelakaan yang melibatkan sepeda motor dengan kendaraan yang lebih besar karena pengemudi kendaraan yang lebih besar itu tak melihat keberadaan sepeda motor. Untuk itu, pengguna sepeda motor harus memahami dan menghindari blind spot.

Bagaimana cara mengetahui blind spot? Sebenarnya tidak ada cara yang pasti untuk mengetahui blind spot. Soalnya setiap kendaraan mempunyai blind spot yang berbeda. Yang jelas, pengendara sepeda motor bisa menghindari blind spot.

Pertama, usahakan selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan. Kemudian, yang bisa dilakukan pengguna sepeda motor adalah selalu menyalakan lampu utama siang/malam sesuai peraturannya.

Dengan menjaga jarak dan menyalakan lampu utama, pemotor setidaknya sudah memberi tahu posisi keberadaanya kepada pengendara lain.

Kemudian, pengendara sepeda motor bisa berkomunikasi untuk memberitahu keberadaannya kepada pengendara lain. Pemotor bisa menggunakan klakson untuk berkomunikasi. Lampu peringatan seperti sein harus dinyalakan saat ingin berpindah jalur atau berbelok.

Sebenarnya kendaraan yang memiliki blind spot tak hanya kendaraan roda empat atau lebih. Sepeda motor juga memiliki blind spot. Untuk menghindari area yang tak terlihat, pemotor harus melakukan beberapa hal juga.

Misalnya jangan sembarangan mengganti spion, cukup pakai spion standar pabrik karena itu sudah diperhitungkan. Setel spion sesuai kebutuhan.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.