Posisi duduk yang nyaman saat berkendara adalah salah satu yang menjadi perhatian untuk meminimalisir tingkat kelelahan dan bisa mengakibatkan kecelakaan pada sebuah mobil. Dimana hal ini menjadi sangat penting bagi Kamu saat melakukan perjalanan jauh dan panjang menggunakan mobil pribadi.

Menurut dr. Daniel Bramantyo, posisi duduk yang paling direkomendasikan yaitu posisi duduk yang baik adalah posisi tegak 90 derajat. Apabila posisi duduk terlalu landai ke belakang, tubuh pada bagian-bagian leher dan bahu akan mengalami tekanan beban, karena area tersebut akan melayang akibat tidak tertopang oleh headrest.

Nah berikut ini beberapa posisi duduk yang dapat dilakukan oleh pengemudi:

  1. Posisi Duduk Mr. Cool

Posisi duduk ini adalah duduk tegak, satu tangan pada kemudi dan satu tangan di jendela. Keluhan yang sering di dapat adalah nyeri lengan dan nyeri leher dan pundak.

  1. Posisi Duduk The Roller Coster

Posisi duduk ini adalah badan maju kedepan dan duduk tegak. Keluhan yang sering didapat saat posisi seperti ini yaitu nyeri bahu dan leher, kram kaki, dan nyeri samping.

  1. Posisi Duduk The Multitasker

Posisi duduk yang sering berubah-ubah dan tidak stabil adalah definisi dari posisi duduk ini. Untuk keluhan yang sering didapat yaitu adalah kram kaki, nyeri pinggang bawah dan bokong

  1. Posisi Duduk The Racer

Duduk yang terlalu bertopang ke belakang dengan kaki yang lurus adalah definisi dari posisi duduk ini. Untuk keluhan pada posisi ini terjadi pada nyeri samping bagian pinggang serta nyeri pada pinggang bawah.

Dari berbagai posisi duduk diatas, pengemudi dapat mengurangi resiko dengan melakukan beberapa hal yaitu:

  • Mengganjal leher dengan bantal leher atau handuk kecil
  • Posisi lutut dibawah pinggang
  • Posisikan kursi senyaman mungkin agar dapat mencapai pedal gas dengan baik
  • Kedua tangan berada pada kemudi (kecuali saat mengganti gigi)

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.