Wiper adalah salah satu komponen penting dalam kendaraan roda empat atau lebih. Fungsinya relatif vital, yakni membersihkan air yang menempel di kaca depan atau belakang kendaraan, apalagi saat musim telah datang.

Kali ini MobilKu akan membahas wiper khusus kendaraan roda empat atau mobil. Setiap mobil memiliki jenis dan ukuran wiper yang berbeda, tergantung dari ukuran, kerangka dan jenis mobil.

Ukuran wiper yang ada di pasaran saat ini juga mengikuti dengan jenis mobil yang beredar di Indonesia.

Berikut adalah 4 jenis wiper yang beredar di pasaran :

  1. Wiper Konvensional

Wiper konvensional biasanya terbuat dari tiang dengan bahan besi dan karet wiper yang menjadi satu kesatuan.

Wiper konvesional biasanya dipakai untuk mobil-mobil tahun lama dan terbuat dari besi.

  1. Wiper Flat Blade (Wiper Model Pisang)

Wiper jenis ini terbuat dari bahan full karet dengan penyangga di bagian tengahnya. Karet tersebut dapat diganti ketika sudah tipis atau habis masa pakai.

Wiper jenis ini diklaim lebih ringan, karena rangkanya terbuat dari karet.

  1. Wiper Full Blade (Wiper Batang)

Wiper jenis ini adalah wiper yang banyak digunakan oleh kebanyakan mobil yang ada di Indonesia.

Wiper batang ini yang kebanyakan digunakan oleh mobil-mobil yang ada di Indonesia, karena menggunakan besi penyangga sehingga lebih kuat.

  1. Wiper Hybrid

Wiper model ini adalah perpaduan dari wiper flat blade dan full blade. Mempunyai keunggulan lebih ringan dan diklaim bisa menyapu air hujan di kaca mobil dengan lebih sempurna.

Wiper hybrid ini banyak dicari karena lebih bagus dalam menyapu air hujan walaupun harganya berbeda agak sedikit lebih mahal.

Setelah mengetahui jenis-jenis wiper yang tersedia, tinggal memilih model mana yang ingin dipasang, dan bisa disesuaikan dengan dana yang tersedia.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.