Melakukan perawatan pada mobil menjadi hal yang wajib dilakukan para pemilik kendaraan. Selain mesin, bodi, kaki-kaki, yang tidak kalah pentingnya lagi, yakni bagian kaca.

Kaca pada mobil mempunyai peran penting saat mengemudi. Dengan kondisi kaca yang bersih, maka visibilitas atau jangkauan pandang akan lebih bagus.

Tetapi, jika kaca mobil tidak dilakukan perawatan secara rutin bisa muncul sejumlah masalah. Salah satunya adalah keberadaan jamur pada kaca. Jamur pada kaca ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :

  1. Air Hujan

Saat mengemudi pastilah pernah menghadapi berbagai kondisi cuaca mulai dari hujan maupun panas. Saat hujan mengguyur biasanya akan diseka langsung oleh penyeka kaca atau wiper.

Tetapi, saat hujan sudah reda akan ada sisa-sisa air hujan yang masih menempel pada kaca mobil. Jika tidak segera dibersihkan bekas hujan ini akan sulit dibersihkan.

Apalagi jika sudah kering karena panas matahari. Sisa air hujan yang kering karena terpapar matahari bisa menyebabkan jamur.

  1. Mencuci Mobil

Selain disebabkan oleh hujan, jamur pada kaca mobil juga disebabkan oleh  proses pengeringan mobil yang tidak sempurna. Biasanya, setelah mencuci akan dilakukan proses pengeringan, yakni dengan menggunakan lap.

Tetapi, proses ini tidak maksimal sehingga meninggalkan bercak air pada bagian-bagian tertentu. Salah satunya di bagian kaca mobil.

Saat mencuci mobil juga bisa menyebabkan jamur kalau pengeringannya tidak sempurna.

  1. Kualitas Air

Saat melakukan pencucian mobil hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas air yang akan digunakan. Pasalnya, jika kualitas air kurang bagus bisa menyebabkan munculnya jamur pada kaca mobil.

Kualitas air juga berpengaruh terhadap timbulnya jamur pada kaca, seperti perbedaan pada menggunakan air sumur atau air pam, pasti akan berbeda kualitas airnya jika untuk mencuci mobil. Karena air sumur mengandung logam yang sangat berat dibandingkan dengan air pam.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.