Menikah adalah dambaan dari setiap pasangan, namun untuk sampai pada tahap tersebut tidaklah mudah. Selain harus mendapatkan restu dari orang tua, kalian juga harus menyiapkan materi yang cukup banyak.

Apalagi jika kalian sudah memiliki konsep pernikahan idaman. Jika kalian telah memiliki rencana menikah dengan budget yang lumayan besar, maka ada baiknya jika kalian mulai menabung dari sekarang.

Nah, agar kalian tidak bingung harus memulai dari mana, yuk simak 5 tips nabung untuk pernikahan idaman.

  1. Memiliki Komitmen

Dalam menjalin hubungan komitmen sangat dibutuhkan, begitu pula dengan menabung. Sebelum memulai menabung, pastikan Kamu bersama pasangan memiliki komitmen yang kuat dan menyiapkan hati serta pikiran. Karena proses menabung bukanlah hal yang mudah untuk dijalani.

Ada beberapa hal yang harus rela kalian korbankan. Mulai dari menghilangkan kebiasaan makan di restoran mewah, hingga aktivitas traveling mungkin harus kalian coret dari jadwal kalian untuk sementara waktu.

Jika kalian memegang teguh komitmen kalian, niscaya rintangan akan dengan mudah dilewati dan proses menabung menjadi lebih menyenangkan.

  1. Buat Rincian Anggaran Menikah

Nah, mulailah menyusun kebutuhan beserta rincian pengeluaran yang kalian perlukan untuk pernikahan idaman. Usahakan untuk membuat rincian kebutuhan pernikahan dengan sangat detail.

Jangan hanya berfokus pada bujet sewa gedung, gaung dan katering, pastikan pula bujet cetak undangan, ongkos kirim serta satpam tercatat dengan baik. kalian tidak mau kan pengeluaran kalian tiba-tiba membengkak karena hal-hal tersebut.

Dari total anggaran tersebut, kalian dapat mengetahui berapa target tabungan yang kalian butuhkan. Misal, kalian memiliki total anggaran Rp. 126 juta, dan kalian memiliki target menikah 3 tahun ke depan, maka perhitungan kasarnya akan seperti ini:

  • 126.000.000 : (3 x 12 bulan) = Rp.3.500.000 / bulan.
  • 5.000.000 : 2 Orang = Rp. 1.750.000 / orang.

Dengan begitu, Kamu bersama pasangan masing-masing memiliki target menabung sebanyak Rp. 1,75 juta setiap bulannya.

  1. Siapkan Rekening Khusus Dana Nikah

Jika target tabungan yang kalian butuhkan sudah diketahui, langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah membuka tabungan khusus untuk dana pernikahan.

Pilihlah rekening yang sesuai dengan kebutuhan pernikahan kalian. Jangan samakan rekening gaji dengan dana pernikahan karena akan tercampur dan membuat kalian memakaiuang tersebut tanpa sadar.

Selain mencegah pemakaian uang tanpa sadar, adanya rekening khusus akan selalu mengingatkan kalian pada komitmen dan tujuan awal kalian menabung.

  1. Terapkan Gaya Pacaran Hemat

Tak hanya biaya makan dan transportasi saat kerja saja yang harus diperhatikan. Biaya berkencan dengan pasangan saat weekend pun harus diperhatikan, jangan sampai kalian sudah berhemat di tengah minggu dan kembali menghabiskannya di akhir minggu.

Sebaiknya, kalian mulai membiasakan diri untuk menerapkan gaya pacaran yang hemat. Alih-alih kalian menonton film di bioskop setiap minggu, kalian dapat menonton sambil bersantai di rumah.

  1. Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Meski sudah berhemat dalam berbagai sektor, kalian harus mencatat cashflow yang terjadi setiap bulannya. Catat dengan baik setiap pengeluaran dan pendapatan sekecil dan sebesar apapun nominalnya.

Dengan begitu, kalian dapat memantau apakah terdapat kebocoran dan pengeluaran konsumtif yang dapat ditekan.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.