Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti karena tidak jarang dapat menyebabkan kematian. Nah, supaya terhindar dari penyakit ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan dan mencegah kanker, termasuk rutin mengkonsumsi makanan pencegah kanker. Ini dia tipsnya!

Tips Mencegah Kanker

Untuk menjaga kesehatan kita dan menurunkan risiko kita terkena penyakit kanker, ada beberapa tips yang bisa kita praktikkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Ini dia cara mencegah kanker yang bisa kita coba.

Vaksinasi yang Lengkap

Beberapa jenis kanker seperti kanker serviks dan kanker hati bisa kita cegah dengan melakukan vaksinasi, yakni dengan vaksin HPV dan vaksin Hepatitis B. Kedua vaksin pencegah kanker ini dapat melatih sistem kekebalan tubuh kita untuk mengenali virus penyebab kanker. Jadi, penting banget untuk melakukan vaksinasi pencegah kanker sebelum terlambat.

Olahraga Teratur

Tahukah Kamu kalau beberapa studi telah menunjukkan kalau olahraga 30 menit per hari selama 5 hari seminggu bisa mengurangi risiko berbagai jenis kanker?

Olahraga teratur bisa mengurangi risiko kita terkena beberapa jenis kanker lho seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker paru, hingga endometrium. Supaya sehat, sebaiknya kita melakukan olahraga jenis kardio atau olahraga melatih kekuatan.

Tidur yang Cukup

Kalau kita sering begadang atau tidur dengan jadwal tidak teratur, yuk mulai tidur lebih cepat dan teratur karena jadwal tidur yang tidak teratur bisa meningkatkan risiko kanker. Kalau kita tidur kurang dari 6 jam setiap malam, risiko kanker kita bisa meningkat hingga 50% loh.

Risiko terkena penyakit kanker juga bisa meningkatkan kalau kita sering terbangun di tengah malam. Jadi pastikan kita tidur yang cukup setiap malamnya.

Makanan Pencegah Kanker

Nah, supaya kita bisa menurunkan risiko kanker, apa aja sih makanan pencegah kanker yang wajib kita konsumsi sehari-hari? Ini dia 6 makanan pencegah kanker yang bisa kita tambahkan ke menu makanan kita setiap harinya.

  1. Salmon

Sering makan sushi dengan salmon? Kebiasaan makan salmon ini bisa membuat Kamu terhindari dari kanker darah lho! Sebuah studi di Australia membuktikan kalau orang yang makan 4 porsi ikan seperti salmon, mackarel, sarden, dan tuna bisa menurunkan risiko terkena kanker darah hingga 30% lho.

Salmon juga menurunkan risiko kanker endometrial dan kanker usus juga karena ikan satu ini mengandung vitamin D dan Omega-3 yang bisa mengurangi risiko kanker. Supaya efektif menurunkan risiko kanker, sebaiknya kita mengkonsumsi minimal 2 porsi ikan salmon setiap minggunya.

Ada banyak cara kita bisa makan ikan yang satu ini, mulai dari makan sashimi atau sushi, sebagai lauk yang menjadi topping rice bowl, atau dalam bentuk steak salmon panggang.

  1. Bawang Putih

Hampir semua menu makanan utama atau lauk yang kita konsumsi biasanya mengandung bawang putih. Nah, bumbu masakan yang satu ini ternyata bermanfaat banget untuk mencegah kanker lho karena memiliki zat bernama allicin yang bisa mencegah kanker, khususnya kanker lambung dan kanker usus besar.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung 1 siung aja bawang putih setiap harinya cukup efektif untuk mencegah kanker lho. Bawang putih bisa kita konsumsi bareng berbagai tumis sayuran atau daging, seperti ketika memasak daging ala Korean barbeque.

Kita juga mengkonsumsi bawang putih ketika makan garlic bread atau menu pasta dengan bumbu bawang putih yang banyak lho seperti spaghetti aglio olio.

  1. Brokoli

Sayur yang satu ini memang lumayan terkenal sebagai salah satu superfood yang efektif banget mencegah kanker. Ini karena selain mengandung serat yang tinggi, brokoli mengandung sulforaphane – sebuah zat yang memiliki sifat anti-kanker.

Zat inilah yang bisa menurunkan risiko kanker hingga 75%. Tapi, zat ini bisa hilang kalau kita memasak brokoli dengan cara dipanggang di microwave lho. Untuk menjaga kesehatan kita dan mencegah kanker, kita bisa makan brokoli sebagai lauk beberapa kali seminggu.

Sebaiknya juga makan makanan pencegah kanker ini kalau diolah dengan cara ditumis atau direbus ya daripada dipanggang di microwave.

  1. Minyak Zaitun

Minyak yang bisa menggantikan minyak goreng biasa untuk memasak ini punya banyak banget manfaat untuk kesehatan kita lho, termasuk untuk melindungi kita dari kanker. Semakin banyak minyak zaitun yang kita konsumsi, risiko kanker payudara dan kanker usus kita akan semakin berkurang lho.

Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun dalam mencegah kanker nggak sulit lho, cukup lebih sering mengkonsumsi makanan yang dimasak dengan minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng aja. Mulai dari pasta, salad, tumisan sayur, hingga kentang dan sayuran panggang.

  1. Kopi

Untuk kamu yang coffee-addict, minuman favorit kamu ini bisa mencegah kanker hati dan kanker usus lho! Penelitian dari Institut Nasional Kanker Amerika Serikat membuktikan kalau mengkonsumsi 4 cangkir kopi atau lebih setiap harinya bisa mengurangi risiko kanker usus besar hingga 15% dan kanker hati hingga 50%.

Ini karena kopi mengandung molekul antioksidan, anti-pembengkakan, dan antikanker yang efektif mencegah kanker. Untuk merasakan efeknya minum kopi dalam mencegah kanker, biasakan minum minimal 1 cangkir kopi setiap hari, baik decaf maupun kopi biasa.

Tapi, jangan sampai mengkonsumsi lebih dari 5 cangkir kopi ya supaya minuman satu ini tetap efektif mencegah kanker.

  1. Jamur

Suka makan jamur? Ada banyak jenis jamur yang udah terbukti bisa mencegah kanker lho, seperti jamur portobello yang mengandung selenium untuk mencegah kanker. Jamur shitake dan jamur putih juga bermanfaat dalam menurunkan risiko kanker pada perempuan Tiongkok dan Korea Selatan lho.

Ada banyak banget menu berbahan jamur yang enak dan tetap mempertahankan manfaatnya untuk kesehatan kita lho sesuai dengan selera kita, mulai dari mushroom pasta, tumis jamur, pepes jamur, mushroom risotto, atau olahan jamur ala India. Kita juga boleh banget menambah makanan pencegah kanker ini dalam berbagai menu makanan kita setiap hari untuk menjaga kesehatan.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.