Juru bicara penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan penyembuhan virus corona bisa dilakukan tanpa obat, karena sejauh ini belum ditemukan ramuan medis untuk menyembuhkan orang yang terpapar Covid-19.

“Sampai dengan saat ini secara resmi World Health Organization (WHO) dan dunia belum menemukan obat yang spesifik untuk virus ini dan juga belum menemukan vaksin yang spesifik untuk virus ini. Tetapi sebagaimana layaknya virus pada umumnya, self limited desease,” ucap Yurianto di Kantor Kepala Staf Kepresidenan, Jakarta.

Dia meyakini virus corona justru akan sembuh dengan sendirinya. Bahkan, menurutnya, 50% orang yang suspect Covid-19 telah dinyatakan positif sembuh tanpa obat.

“Tetapi jelas sekarang 50% sembuh sendiri dan menjadi baik. Kemudian, gambaran kasus nomor 1 dan nomor 2 tidak kemudian menjadi orang yang sakit dan ditempeli penuh dengan alat,” ujarnya.

Untuk itu, dia mengimbau masyarakat dapat menjaga imunitas badan untuk mencegah tertular virus yang berasal dari Wuhan, China.

“Kalau daya tubuh kita baik maka virus ini akan turun. Sehingga, kemudian anjuran saran apapun yang terkait dengan penggunaan herbal dan lain-lain dalam konteks meningkatkan daya tahan tubuh bagus. Tapi bukan untuk membunuh virusnya, tetapi dalam rangka meningkatan daya tubuh nanti virus nya akan hilang dengan sendirinya,” tuturnya.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan itu menambahkan, masyarakat yang panik seharusnya dapat mengantisipasi virus corona seperti penularan influenza dari individu lainnya.

Yuri menegaskan, masyarakat tidak perlu panik berlebihan.

“Sebenarnya bukan masyarakat kita tidak tahu. Bertahun-tahun kita berhadapan dengan influenza dan benar sudah respons kita. Di rumah kalau ada satu orang keluarga yang flu pasti kita katakan pakai masker, tidurnya dipisah, ini sebenarnya langkah-langkah yang sudah benar, Covid-19 itu juga influenza,”

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.