Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki peran penting untuk menambah cita rasa masakan menjadi lebih lezat.

Namun, mengonsumsi garam secara berlebihan akan menimbulkan efek negatif pada tubuh Kamu. Pada dasarnya, garam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Sodium dan klorin pada kandungan dalam garam dibutuhkan untuk mengatur proses keseimbangan cairan dalam tubuh. Kementerian Kesehatan RI menyarankan untuk mengkonsumsi garam sekitar 2000 mg natrium atau setara dengan satu sendok teh garam per hari.

Berikut ini adalah perubahan yang akan terjadi jika mengongsumsi garam sesuai batas aman:

  1. Tekanan Darah Menurun

Mengonsumsi garam terlalu banyak dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh karena sodium sangat erat kaitannya dengan hipertensi.

Ketika mengonsumsi terlalu banyak garam, tubuh mencoba mengaturnya dengan menahan lebih banyak air dalam tubuh. Sebagai akibatnya, tekanan signifikan pada sistem peredaran darah terjadi, yang secara otomatis juga meningkatkan tekanan darah.

  1. Fungsi Ginjal Lebih Baik

Konsumsi garam yang berlebih akan mengakibatkan rusaknya organ-organ lain dalam tubuh Kamu. Ada hubungan antara langsung antara kerusakan ginjal dengan dan asupan garam.

Selain itu, hipertensi merusak banyak organ dan yang pertama kali menyebabkan kerusakan fungsi ginjal.

  1. Darah Tidak Menjadi Kental

Jika Kamu terlalu banyak mengonsumsi bumbu dapur ini, maka hal ini bisa menyebabkan kekentalan pada darah, jika darah terlalu kental maka akan mengakibatkan jantung bekerja dengan keras untuk memompa darah keseluruh tubuh.

Sehingga lebih baik mengkonsumsi garam dengan secukupnya sesuai anjuran yang telah diberikan oleh Kemeterian Kesehatan yaitu 2000 mg / hari.

  1. Risiko Kematian Dini Menurun

Dengan mengurangi asupan natrium hingga 40% dapat menyelamatkan sebanyak 500.000 orang dari kematian yang terkait penyakit kardiovaskular.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker Perut

Bakteri usus tertentu yang dianggap sebagai penyabab kanker lambung lebih banyak ditemukan dalam diet tinggi garam, asupan garam harian lebih dari 6 gram.

Jadi selalu jaga kesehatan ya Sahabat MobilKu! Dengan rutin berolahraga, serta makan dan minum makanan bergizi, dan juga beristirahat yang cukup setiap harinya yaitu 7 jam/hari.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.