Perusahaan atau lembaga pembiayaan adalah badan usaha di luar bank atau lembaga keuangan bukan bank lainnya yang memberikan fasilitas pinjaman kepada nasabahnya untuk suatu keperluan.

Sama seperti bank dan lembaga resmi lainnya, mekanisme mengenai perusahaan pembiayaan telah diketahui negara dan sudah diatur pula dalam Peraturan Menteri Keuangan tentang perusahaan pembiayaan.

Pada umumnya, lembaga keuangan seperti bank akan memberikan dana cair kepada para calon debiturnya. Lain halnya dengan perusahaan pembiayaan. Ketika mengajukan kredit ke lembaga ini, Kamu tidak akan mendapatkan dana cair, melainkan persetujuan perusahaan untuk mebiayaai kredit barang Kamu.

Jadi, dana tunai dibayarkan perusahaan pembiayaan kepada pihak ketiga, tempat dimana Kamu melakukan transaksi pembelian.

Kegiatan Perusahaan Finance

Kegiatan Usaha Perusahaan Pembiayaan meliputi :

  1. Pembiayaan Investasi
  2. Pembiayaan Modal Kerja
  3. Pembiayaan Multi Guna
  4. Kegiatan usaha pembiayaan lain berdasarkan persetujuan OJK

Pembiayaan Investasi

Kegiatan Pembiayaan Investasi ditujukan untuk Debitur berbentuk badan usaha atau orang perseorangan yang memiliki usaha produktif atau yang memiliki ide-ide untuk pengembangan usaha produktif.

Pembiayaan Investasi dilakukan dengan cara :

  1. Sewa Pembiayaan (Finance Lease)
  2. Jual dan Sewa-Balik (Sale and Leaseback)
  3. Anjak Piutang dengan Jaminan
  4. Pembelian dengan pembayaran secara angsuran
  5. Pembiayaan Proyek
  6. Pembiayaan Infrastruktur
  7. Pembiayaan lain setelah terlebih dahulu mendapatkan persetujuan OJK

Pembiayaan Modal Kerja

Kegiatan pembiayaan investasi ditujukan untuk Debitur berbentuk badan usaha atau orang perseorangan yang memiliki usaha produktif atau yang memiliki ide-ide untuk pengembangan usaha produktif.

Pembiayaan Modal Kerja dilakukan dengan cara :

  1. Jual dan Sewa-Balik (Sale and Leaseback)
  2. Anjak Piutang dengan Jaminan
  3. Anjak Piutang tanpa Jaminan
  4. Fasilitas Modal Usaha
  5. Pembiayaan lain setelah terlebih dahulu mendapatkan persetujuan OJK

Pembiayaan MultiGuna

Pembiayaan MultiGuna dilakukan dengan cara:

  1. Sewa Pembiayaan (Finance Lease)
  2. Pembelian dengan pembayaran secara angsuran
  3. Pembiayaan lain setelah terlebih dahulu mendapatkan persertujuan OJK

Manfaat Perusahaan Finance

Ketika Kamu memutuskan melakukan pembelian dengan mengambil layanan dari perusahaan finance, ada berbagai kemudahan yang bisa Kamu peroleh. Manfaat tersebut tercantum seperti dibawah ini.

  1. Dapat Dicicil

Cara pembayaran angsuran yang diterapkan oleh perusahaan pembiayaan membuat Kamu tidak perlu khawatir terhadap harga barang yang terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan anggaran yang dimilki

  1. Mudah dan Cepat

Perusahaan pembiayaan sering kali bekerja sama dengan produsen dari barang yang hendak Kamu beli. Karena itulah, Kamu tidak perlu menunggu waktu lama untuk persetujuan membeli secara cicilan. Persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan aplikasi angsuran terhadap perusahaan pembiayaan cukup relatif sederhana, mulai dari identitas sampai slip gaji.

  1. Bunga Terjangkau

Kamu tidak perlu khawatir mengenai besaran bunga yang akan dilimpahkan kepada Kamu dari pembiayaan kredit. Ini karena perusahaan pembiayaan memberikan bunga yang kompetitif dan tetap mengacu pada suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate).

Tentu dibandingkan dengan meminjam kepada rentenir, bunga yang diberlakukan oleh perusahaan pembiayaan akan jauh lebih rendah dan tidak menyulitkan Kamu.

  1. Waktu Yang Fleksibel

Dengan memakai jasa dari perusahaan pembiayaan, Kamu akan memiliki waktu yang fleksibel untuk melunasi pembelian yang akan Kamu lakukan. Dalam artian, pihak perusahaan pembiayaan menyediakan pilihan jangka waktu pelunasan yang keputusannya  diserahkan kepada Kamu sebagai pengaju kredit.

Kamu dapat memilih jangka waktu pembiayaan berdasarkan kesanggupan membayar nilai angsuran. Semakin lama waktu pembiayaan, semakin kecil juga Kamu harus membayar angsuran tiap bulannya. Namun, dengan jangka waktu yang lebih cepat, bunga yang dibebankan tentu lebih rendah.

Hanya di MobilKu Kamu bisa mendapatkan pinjaman multiguna dengan jaminan BPKB dengan Bunga Rendah sebesar 0,9% serta 0% untuk Biaya Provisi. Sehingga Kamu tidak perlu khawatir akan penipuan karena MobilKu sudah terdaftar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.