Setiap karyawan pasti memiliki misi yang sama, yaitu memiliki karir yang cemerlang, bahkan di usia muda.

Namun, menjadi pimpinan biasanya disandang oleh kalangan yang sudah memiliki pengalaman. Faktor tersebut biasanya diukur dari usia, karena usia mencerminkan “kematangan” seseorang dalam memimpin dan mengambil keputusan.

Tentu kemampuan dan kematangan bertindak tidak hanya diukur dari usia, banyak sekali anak muda yang ternyata sukses menjadi manajer bahkan diusia yang terbilang muda yaitu di bawah 35 tahun.

Kali ini, MobilKu akan membahas langkah menjadi manajer yang sukses di usia muda.

  1. Menjadi Pendengar dan Pembaca Situasi

Manajer yang baik adalah motivator yang baik, dan motivator adalah seseorang yang sudah selesai dengan permasalahan pribadi. Jadi, untuk menjadi motivator Kamu harus terlebih dahulu mengenali diri Kamu sendiri.

Manajer adalah seorang pemimpin, akan memimpin banyak kepala dengan cara pemikiran masing-masing yang berbeda-beda. Ini adalah hal yang paling sulit, terlebih jika Kamu masih muda.

Idealisme tentang ide dan gagasan itu penting, tapi Kamu harus bisa menjadi pribadi yang mampu menyatukan setiap ide yang ada.

  1. Bekerja Cerdas dan Pantang Menyerah

Menjadi manajer muda membutuhkan kemauan dan kerja keras, bekerja cerdas dan selalu pantang menyerah.

Akan banyak tantangan dan kendala dalam mencapai jabatan sebagai seorang manajer, terlebih manajer muda. Konsisten dan kerjakan setiap pekerjaan dengan sempurna.

Ingat, keberhasilan adalah hasil kerja keras dan kerja keras yang dilakukan dengan konsisten dan berkelanjutan, dan tentu dengan sedikit keberuntungan.

Tiga prinsip utama yang harus dipegang adalah Berniat, Berusaha, dan Berdoa. Niat dengan bulatkan tekad, usahakan dengan maksimal, dan tenangkan setiap kekhawatiran dengan berdoa.

  1. Asah Kemampuan Berkomunikasi

Komunikasi adalah modal yang paling penting dalam hal memimpin. Entah itu berkomunikasi dengan bawahan, atau dengan pihak luar perusahaan.

Tidak jarang, komunikasi manajer menjadi penentu kesuksesan sebuah perusahaan, karena manajer yang baik adalah manajer yang memiliki kemampuan komunikator yang mahir.

Sesuaikan dengan jiwa muda yang Kamu miliki dalam berkomunikasi dengan bawahan serta lobi dengan rekan perusahaan yang akan atau sedang di ajak bekerjasama. Jadilah pribadi yang komunikatif dan terus belajar berkomunikasi dengan baik.

  1. Berani Mengambil Risiko

Setiap keputusan yang Kamu ambil adalah sebuah risiko yang harus ditanggung. Jangan ragu untuk mengambil sebuah risiko.

Tentu melalui analisis yang cermat, ini adalah kelemahan para manajer muda, yaitu belum memiliki pengalaman dalam memutuskan sesuatu.

Namun, jika Kamu sudah bekerja dengan cermat dan tepat serta melalui analisis yang tepat, risiko akan semakin kecil. Risiko itu pasti ada, sebagai seorang manajer muda Kamu harus siap dengan segala risiko yang ada.

  1. Berusaha Selalu Menjadi Yang Terbaik

Jabatan manajer adalah jabatan yang diinginkan setiap karyawan. Persaingan pasti akan sengit. Oleh karena itu, berusahalah menjadi yang terbaik dalam segala bidang, dan yang paling penting adalah tunjukkan hasil kerja nyata.

Menjadi yang terbaik tidak selalu menjadi arogan. Menyelesaikan tugas-tugas dari perusahaan dengan hasil yang terbaik akan secara otomatis meningkatkan kepercayaan perusahaan terhadap dirimu.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.