Bahagia itu sendiri memiliki definisi nya setiap orang masing-masing. Ada karyawan yang bisa bahagia karena digaji cukup tinggi, namun ada juga yang sudah bahagia karena hasil kerjanya diapreasiasi dan diperlakukan layaknya keluarga.

Mengharap kebahagiaan dengan mudah di tempat kerja tentu tidak realistis, karena sudah menjadi rahasia umum bahwa di mana pun Kamu bekerja, pasti akan selalu ada masalah. Namun bukan berarti kita tak bisa menciptakan sendiri kebahagiaan tersebut.

Berikut ada cara untuk menemukan kebahagiaan di tempat kerja yang mungkin bisa Kamu lakukan.

  1. Mencoba Lebih Disiplin

Terkadang stress dan rasa tidak berbahagia itu muncul akibat ulah Kamu sendiri. Misalnya Kamu suka menunda pekerjaan atau menganggap remeh tugas yang diberikan oleh bos, sampai akhirnya Kamu panik sendiri.

Kenapa Kamu tidak mencoba untuk teratur dalam bekerja? Setidaknya mulai saat ini, jangan menunda pekerjaan dan selesaikan pekerjaan sebelum tenggat waktu. Dijamin Kamu akan lebih hepi karena tidak dikejar beban pekerjaan.

  1. Jangan Campuri Urusan Pribadi dan Kantor

Urusan pribadi sering mempengaruhi kinerja kerja di kantor, sehingga Kamu jadi tidak bahagia saat bekerja. Kerapkali masalah keluarga atau personal sudah membuat kening Kamu berkerut, bahkan sebelum memulai pekerjaan.

Saat Kamu menginjakkan kaki ke kantor, pastikan Kamu lepas dari semua masalah pribadi, sehingga bisa lebih fokus pada pekerjaan. Lupakan sejenak kalau Kamu sedang bertengkar dengan pasangan, atau belum berhasil membayar cicilan kartu kredit.

  1. Temukan Rekan Kerja Yang Menyenangkan

Jika Kamu memiliki rekan kerja yang menyenangkan dan selalu mendukung Kamu, bisa jadi Kamu akan selalu hepi saat berada di kantor.

Rekan kerja semacam ini akan siap membantu saat Kamu butuhkan dan membuat beban kerja berkurang karena Kamu berdua saling mendukung baik saat menghadapi kerjaan ataupun kemarahan bos.

Tapi ingat, jangan menghabiskan waktu ngobrol dengannya terus-terusan. Masing-masing dari Kamu juga punya tugas yang harus dilakukan.

  1. Jangan Malas Untuk Membantu

Percaya atau tidak, kebiasaan ringan tangan bisa menimbulkan rasa bahagia.

Ada kepuasan tersendiri yang muncul dalam diri Kamu setiap kali berhasil menolong rekan kerja, baik membantunya menyumbangkan keahlian Kamu dalam proyek yang sulit, atau sekadar membuatkan kopi.

Kamu juga akan diuntungkan dengan sikap ini karena rekan kerja pasti akan berbuat yang sama saat Kamu membutuhkan bantuan.

  1. Bersikap Optimis dan Selalu Positif

Apapun masalah dari tugas yang sedang Kamu hadapi, tetaplah tersenyum dan optimis bahwa semuanya akan bisa diselesaikan dengan baik, selama Kamu berusaha keras. Jangan panik apalagi stress karena kondisi itu justru akan memperburuk suasana.

Tularkan sifat optimis dan selalu positif ini pada rekan kerja lainnya, niscaya mereka juga akan hepi bila bekerja dengan Kamu.

Perlu Kamu sadari kalau yang membuat Kamu bahagia di kantor bukanlah orang lain, tetapi diri Kamu sendiri. Kebahagian yang Kamu dapat akan meluruskan langkah menuju karir yang lebih baik. Iya, kan?

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.