Di dalam dunia kerja bukan hanya kemampuan yang menjadi modal dasar untuk menggapai kesuksesan, tapi juga sangat penting memiliki percaya diri yang kuat. Dengan rasa percaya diri, seseorang akan terlihat lebih berwibawa dan tidak mudah dipandang sebelah mata oleh orang lain saat bekerja.

Percaya diri memiliki makna seberapa besar Kamu yakin dengan kemampuan dan kelebihan diri sendiri tanpa mempermasalahkan kekurangan. Jadi, ketika Kamu punya percaya diri yang tinggi di kantor, pasti akan cenderung lebih tegas dalam memutuskan sesuatu atau mengambil keputusan, serta memiliki segudang inisiatif.

Ada beberapa masalah yang dapat meruntuhkan kepercayaan diri seseorang di kantor, yaitu adanya pendapat orang yang terlalu banyak tentang Kamu, kurangnya dukungan, tidak jelasnya arah, dan umpan balik yang bertentangan.

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa Kamu coba untuk meningkatkan kepercayaan diri di kantor, sebagai berikut:

  1. Tonjolkan Kelebihan

Ketika Kamu merasa memiliki kelebihan yang pantas untuk diperlihatkan, maka tonjolkanlah. Fokus pada kekuatan, keterampilan, serta bakat yang Kamu miliki.

Hindari memikirkan segala kelemahan dalam diri, karena hal itu hanya akan membuat Kamu kehilangan percaya diri dan menghambat kariermu.

Carilah cara agar percaya diri terus muncul dan segala pekerjaan yang Kamu lakukan bisa sesuai dengan harapan. Ketika fokus pada kelebihan yang dimiliki, pasti akan membuat Kamu jauh lebih percaya diri dan hasil dari pekerjaan jauh lebih baik dari sebelumnya.

  1. Susun Daftar Kesuksesan yang Pernah Diraih

Rasa minder sangat wajar muncul ketika Kamu belum berhasil dalam menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Bahkan Kamu bisa melupakan kesuksesan kecil yang sudah diraih hanya karena adanya kegagalan di tengah jalan.

Padahal itu bukanlah akhir dari segalanya, karena masih banyak jalan bagi Kamu untuk meraih keberhasilan.

Daripada fokus terus pada kegagalan, cobalah menyusun daftar kesuksesan yang pernah Kamu raih di dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan pribadi Kamu. Hal ini akan membantu Kamu kembali bersemangat mengerjakan dan melakukan hal-hal untuk mencapai target.

  1. Menantang Diri

Cobalah menantang diri dengan melakukan pekerjaan yang dapat memberi kesempatan bagi Kamu untuk mengerahkan segala kemampuan yang Kamu miliki.

Ketika berhasil melakukannya, secara tidak langsung bisa membangkitkan kepercayaan diri seketika.

  1. Jangan Remehkan Penampilan

Ketika bicara soal percaya diri, tentu penampilan diri menjadi faktor penting untuk disorot. Penampilan yang baik akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Bagi rekan kerja atau orang lain yang melihat pasti akan terkesan dengan penampilan Kamu.

Maka dari itu, tunjukkan penampilan terbaik Kamu di kantor agar rekan kerja dan atasan menghargai Kamu, ditambah lagi demi meningkatkan karier.

Payscale dalam surveinya menunjukkan bahwa seseorang yang mampu menyesuaikan penampilan dengan tempatnya bekerja alias tidak salah kostum akan lebih mudah mendapatkan kenaikan gaji.

  1. Percaya Diri

Jangan mencoba samakan antara kepercayaan diri dengan kesombongan. Karena sikap arogan adalah sikap yang selalu membangga-banggakan dirinya, merasa dirinya lebih tinggi dari orang lain. Bahkan suka meremehkan orang lain. Sikap ini perlu dihindari yah Sahabat MobilKu.

Sementara percaya diri adalah sikap positif untuk melakukan segala sesuatu dan menunjukannya dengan rasa hormat dan kerendahan hati, sehingga penilaian orang lain terhadap dirimu.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.