Masa libur akhir pekan yang lebih panjang seperti yang akan sedang terjadi saat ini, kerap dijadikan kesempatan untuk berekreasi. Ada yang memilih berjalan-jalan ke luar kota, atau sekedar shopping di pusat perbelanjaan sekitar tempat tinggal.

Nah, yang perlu dicermati adalah sikap impulsif dalam menghabiskan uang saat libur panjang semacam ini. Tak terasa, uang habis terlalu banyak melebihi biasanya, tanpa melakukan perencanaan. Apalagi banyak pekerja yang baru saja mendapatkan gaji bulanan di akhir bulan seperti sekarang.

Tentu, meski menghadapi liburan panjang, kita harus tetap bijak mengatur keuangan. Laman Forbes merilis 5 tips jitu untuk menghadapi liburan agar kita tak boros.

  1. Atur Anggaran

Cobalah membuat daftar proyeksi pengeluaran. Terutama bagi kita yang sudah berkeluarga. Mengatur proyeksi pengeluaran terhadap masing-masing anggota keluarga akan menghindarkan kita untuk mengeluarkan uang dengan alasan yang tidak perlu.

Aturlah sehemat yang kita bisa. Jika kita sudah memiliki anak, ajarilah pula mereka tentang berhemat. Selain mengajari berhemat sejak dini, anak-anak juga belajar berhitung dari semangat berhemat tersebut.

  1. Buat Aturan

Jika kita tidak bisa menetapkan anggaran atau malas melakukan percakapan soal budget tersebut pada keluarga, cobalah membuat aturan.

Misalnya makanan atau minuman apa saja yang yang tidak boleh dibeli serta jumlah yang boleh kita beli setiap harinya.

  1. Gunakan Uang Tunai

Upayakan menggunakan uang tunai saat bertransaksi. Studi neorologi menunjukkan bahwa saat kita menggesek kartu kredit atau debit, otak kita secara otomatis terhenti dalam memikirkan tentang transaksi tersebut.

Hal itulah yang menjadi alasan mengapa seseorang seolah menjadi boros saat berbelanja menggunakan sebuah kartu.

Berupaya menggunakan uang tunai saat berlibur akan membuat kita lebih memikirkan jumlah uang yang dihabiskan, dan secara alami membuat kita patuh dengan budget yang dibuat.

  1. Pikirkan Makanan Sehat

Cobalah memikirkan makanan sehat seperti sayuran, dan menghindari makanan yang tidak sehat seperti makanan yang cepat saji.

Secara tidak langsung, pikiran ini akan menghindarkanmu dari membeli makanan atau camilan yang tidak terlalu diperlukan.

Makanan tidak sehat atau makanan dengan jenis daging hewani kadang juga memiliki harga yang lebih mahal. Dengan menghindarinya, tentu kita bisa sedikit berhemat.

  1. Jalankan Sepanjang Tahun

Akan lebih baik jika tips berhemat ini dijalankan sepanjang tahun. Sehingga saat menghadapi liburan panjang selanjutkan kita sudah terbiasa menerapkan pola keuangan hemat tersebut.

Jika kita adalah tipe orang yang kerap menghabiskan banyak uang di saat liburan panjang, mungkin kita bisa membuka tabungan terpisah yang diperuntukkan khusus liburan.

Tabungan itulah yang akan kita gunakan saat liburan nanti sehingga tidak mengganggu tabungan utama. Kamu pun tak stres lagi soal keuangan saat menghadapi liburan panjang.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku. Selamat Berlibur Sahabat MobilKu!