Apakah saat ini WOM Finance memiliki keringanan terkait dengan pandemik covid-19 ini?

Iya, saat ini WOM Finance turut prihatin & mendukung langah pemerintah dengan mengeluarkan kebijakan terkait Restrukturisasi dan Perlakuan Khusus bagi Debitur yang terdampak COVID – 19

Siapa saja yang dapat mengajukan keringanan ini?

Kriteria konsumen yang berhak mendapatkan fasilitas ini
adalah :
1. Konsumen dengan segmen usaha/bekerja pada sektor
usaha yang terdampak penyebaran COVID-19, dengan
kondisi :
(i) Hilangnya kemampuan bayar konsumen baik secara
langsung maupun tidak langsung
(ii) Konsumen yang memiliki itikad baik untuk
menyelesaikan kewajibannya
2. Debitur dengan status AKTIF dan sudah 3x melakukan
pembayaran angsuran (sampai dengan 31 Maret 2020)
3. Memiliki keterlambatan maksimal 60 hari (pada saat
pengajuan restrukturisasi)

Apakah program restruktur ini berlaku untuk kontrak syariah?

Tidak, Program restruktur ini tidak berlaku untuk kontrak Syariah & Bali Angsuran Menurun (BAM)

Bentuk keringanan seperti apa yang ditawarkan WOM Finance?

Saat ini kami menawarkan Skema Restrukturisasi Kredit, dimana kami memberikan perpanjangan jangka waktu dengan tujuan untuk meringankan nilai angsuran Bapak/Ibu per bulannya.

Saat ini saya memiliki kontrak motor, skema restrukturisasi seperti apakah yang dimaksud?

Untuk produk motor Bapak/Ibu, kami menawarkan Restrukturisasi Sederhana

Saat ini saya memiliki kontrak mobil, skema restrukturisasi seperti apakah yang dimaksud?

Untuk product mobil Bapak/Ibu, kami menawarkan Restrukturisasi Hanya Bayar Bunga (Step Up Interest Only), dengan catatan Bapak/Ibu sudah 6x melakukan pembayaran & tenor awal diatas 12 bulan.

Dikarenakan saya saat ini melakukan pembiayaan motor, berarti saya masuk dalam Restrukturisasi Sederhana. Apa yang dimaksud dengan Restrukturisasi Sederhana?

Dikarenakan Bapak/Ibu sudah 3x melakukan pembayaran angsuran (sampai dengan 31 Maret 2020) & memiliki keterlambatan kurang atau sama dengan 60 hari. Maka Bapak/Ibu berhak mendapatkan fasilitas Restrukturisasi sederhana dari kami. Yang dimaksud dengan Restrukturisasi sederhana adalah perpanjangan dari sisa tenor kontrak sampai dengan maksimal 12 bulan.

Apakah apabila saya memilih Restrukturisasi sederhana berarti saya tidak perlu membayar angsuran saat ini?

Bukan seperti itu Pak/Bu, Apabila pengajuan Bapak/Ibu disetujui maka angsuran Bapak/Ibu nantinya dapat diperpanjang sampai dengan maks 12 bulan. Hal ini bertujuan untuk meringankan nilai angsuran Bapak/Ibu per- bulannya

Apakah tidak ada ketentuan dari perusahaan terkait dengan pembebasan angsuran seperti yang disampaikan pada media massa?

Mohon maaf Bapak/Ibu, saat ini WOM Finance sudah berupaya memberikan beberapa alternatif perubahan struktur sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Berapa bulan saya dapat menangguhkan angsuran saya?

Penangguhan / penambahan sisa tenor bervariasi dimulai dari 6, 9 s/d 12 bulan. Hal ini akan disesuaikan dengan tenor awal dan sisa tenor Bapak/Ibu.

Dikarenakan saya saat ini melakukan pembiayaan mobil, berarti saya masuk dalam Restrukturisasi Hanya Bayar Bunga. Apa yang dimaksud dengan Restrukturisasi Hanya Bayar Bunga?

Dikarenakan Bapak/Ibu sudah 6x melakukan pembayaran angsuran (sampai dengan 31 Maret 2020) & memiliki keterlambatan kurang atau sama dengan 60 hari. Maka Bapak/Ibu berhak mendapatkan fasilitas Hanya Bayar Bunga (Step Up Interest Only) dari kami. Restrukturisai Hanya Bayar Bunga (Step Up Interest Only): Restruktur dengan penurunan nilai angsuran menjadi sebesar nilai porsi bunga (interest)selama periode 6-12 bulan pertama. Setelah itu angsuran akan kembali mendekati (kurang dari atau sama dengan) nilai angsuran sebelum restruktur dengan konsekuensi perpanjangan sisa tenor.

Berarti dengan Restrukturisasi Hanya Bayar Bunga (Step Up Interest Only) berarti saya tidak dapat menentukan pembayaran angsuran saya selama kondisi belum pulih?

Mohon maaf Bapak/Ibu, saat ini WOM Finance sudah memiliki ketentuan dimana nilai yang dibayarkan selama masa restruktur HANYA nilai porsi bunga.

Apakah saya dikenakan biaya apabila ingin mengajukan restrukturisasi ini?

Program restrukturisasi ini tidak dikenakan biaya apapun, kecuali biaya premi asuransi kendaraan atas adanya perubahan tenor.

Apakah untuk biaya premi asuransinya WAJIB saya bayarkan juga untuk kondisi saat ini?

Bapak/Ibu tidak perlu kuatir, biaya premi asuransi dapat dibayarkan diawal ataupun dimasukkan kedalam pokok hutang Bapak/Ibu. Disesuaikan dengan kemampuan Bapak/Ibu saat ini.

Bagaimana dengan IDEB / BI Checking apabila saya melakukan restruktur ini?

Pelaporan IDEB / BI Checking Bapak/Ibu setelah proses restruktur disetujui berada di kolektibiltas 1, namun apabila proses restruktur maka kolektibitas akan menyesuaikan dengan pembayaran Bapak/Ibu.

Apakah saya perlu melakukan tanda tangan kontrak kembali?

Terkait restrukturisasi ini Bapak/Ibu hanya perlu
menandatangani dokumen addendum / perubahan
perjanjian pembiayaan saja.

Apa saja persyaratan untuk pengajuan restruktur ini?

Persyaratan permohonan restruktur sbb :

1. Surat pernyataan Debitur terkait dampak pandemic Covid-19 terhadap penghasilan.

2. Mengisi Form Restrukturisasi Selanjutnya WOM Finance akan melakukan survey guna memastikan kondisi usaha dan mobil/motor Bapak/Ibu

Bagaimana jika angsuran saya sudah jatuh tempo namun pengajuan restruktur ini masih diproses pihak WOM Finance? Apakah saya dikenakan denda?

Selama proses pengajuan restrukturisasi, maka Bapak/Ibu WAJIB tetap melakukan pembayaran untuk menghindari Denda & BI Checking

Bagaimana apabila kondisi saya tidak memenuhi kriteria / ditolak ?

Kami akan berikan Program Kemudahan Penyelesaian Kredit lainnya kepada Bapak/Ibu yakni :

1. Untuk kondisi DPD < 60 Hari Bapak/Ibu dapat melakukan Penyerahan Unit secara sukarela untuk dilakukan lelang oleh WOM. Keringanan yang kami tawarkan adalah diskon pinalti sebesar 80% & Apabila ada kelebihan akan dikembalikan ke Bapak/Ibu.

2. Untuk kondisi DPD > 60 Hari Bapak/Ibu akan mendapatkan diskon denda sebesar 100% apabila Bapak/Ibu membayar minimal 2x angsuran.