Memasuki tahun 2020 saatnya bagi Kamu mulai memikirkan perencana anggaran untuk pengembangan usaha kecil Kamu. Perencanaan yang matang di awal tahun 2020 mungkin akan sedikit sulit. Pasalnya tahun 2020 akan penuh dengan ketidakpastian.

Sentimen perang tarif AS-China mereda dan berujung pada kesepakatan tahap pertama, namun masih ada kesepakatan fase kedua yang masih abu-abu.

Di sisi lain , IMF dan World Bank sudah mengiingatkan potensi resesi global tahun 2020 yang akan terjadi. Hal ini dinilai akan memperlambat laju perekonomian di seluruh negara di dunia.

Dalam memasuki masa perekonomian yang tidak stabil bagi perekonomian, rencana anggaran usaha Kamu di tahun 2020 harus benar-benar Kamu persiapkan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi potensi kerugian dalam bisnis Kamu.

Berikut adalah 5 tips penganggaran untuk usaha kecil pada tahun 2020:

  1. Konsentrasi Dana Darurat

Memiliki dana darurat untuk membantu Kamu menangani biaya tak terduga adalah hal penting karena dapat mendukung anggaran dalam bisnis Kamu.

Masalah perekonomian di tahun 2020 yang diproyeksikan oleh para analis, dapat membuat Kamu bersiap dengan kondisi terburuk. Maka dari itu, Kamu perlu melakukan antisipasi.

Faktanya, memiliki dana darurat itu sangat penting. Menurut Federal Emergency Management Agency (FEMA), 90 persen bisnis akan tutup maksimal lima hari jika menggunakan dana darurat dalam penyelamatan bisnis yang gagal.

Butuh dana darurat? Ajukan saja di MobilKu! Plafond pencairan hingga 2 Miliar, syaratnya mudah, prosesnya cepatm dan didukung oleh bunga rendah yaitu hanya sebesar 0,9%

  1. Percepat Pengajuan Pinjaman

Jika Kamu mempertimbangkan untuk mengajukan pinjaman bisnis, baik jalur kredit atau produk pembiayaan bisnis lainnya untuk membantu Kamu mengembangkan atau mendukung bisnis kecil Sahabat MobilKu. Kamu jangan menunggu sampai keuangan Kamu dalam kondisi yang lebih buruk daripada sekarang.

Waktu terbaik untuk mengajukan permohonan pembiayaan adalah ketika Kamu tidak membutuhkannya, karena arus kas Kamu sedang kuat atau tidak ada masalah mendesak yang menguras rekening bank untuk ditangani.

Butuh pinjaman cepat? Ajukan saja di MobilKu! Plafond pencairan hingga 2 Miliar, syaratnya mudah, prosesnya cepatm dan didukung oleh bunga rendah yaitu hanya sebesar 0,9%

  1. Fokus Pada Orientasi Hasil

Setiap investasi yang Kamu lakukan dalam bisnis Kamu harus memperimbangkan pengembalian yang akan Kamu dapatkan.

Ketika muncul potensi stagnan dalam bisnis Kamu, maka Kamu bisa bereksperimen dengan bentuk pemasaran baru seperti pemasaran melalui media sosial, atau pemasaran influencer.

Hal ini dapat membantu Kamu mendapatkan pelanggan baru, membangun brand Kamu dan meningkatkan keuntungan.

Di sisi lain, tantangan dalam pemasaran usaha bisnis yang cukup sulit adalah mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan mengubahnya menjadi pembeli yang loyal.

  1. Kurangi Biaya Tetap

Fleksibilitas akan menjadi kunci pada Tahun 2020. Karena itu, Sahabat MobilKu mungkin berencana mengurangi jumlah uang yang Kamu simpan dalam komitmen jangka panjang.

Ini mungkin akan berdampak pada sebagian besar nfrastruktur bisnis Kamu yang mungkin terhenti, sekaligus berpotensi memperlambat laba bisnis Kamu.

Pengangguran dana untuk fleksibilitas juga bisa dilakukan pengusaha, untuk menggunakan ruang kerja bersama dalam bisnis mereka, daripada menandatangani sewa komersial dalam setahun.

Fleksibilitas memang layak dibayar dalam beberapa konteks. Pertimbangkan jika Kamu mendaftar untuk sesuatu yang akan menimbulkan biaya tetap jangka panjang.

  1. Dapatkan Saran dari Konsultan Bisnis

Investasi terbaik yang dapat Kamu lakukan dalam bisnis Kamu. Peluang untuk pertumbuhan bisnis ada di mana-mana dan mungkin saja tahun 2020 bisa menjadi tahun terbaik Kamu.

Namun, untuk memanfaatkan peluang itu, Kamu harus mulai dengan fondasi yang kuat. Itu artinya penganggaran yang sangat baik dan bertanggung jawab perlu Kamu lakukan.

Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih telah membaca artikel dari mobilku, semoga apa yang mobilku share dapat bermanfaat bagian kalian semua. Tunggu postingan artikel lainnya di website mobilku.